Ruang Sempit tapi Luas

RX-HGMAG009_Little-Spots-081-a-3x4.jpg.rend_.hgtvcom.966.1288
sumber : hgtv.com [ RX HGMAG009 Little Spots ]

Rooang.com | Sempit tapi luas? bisa saja, asalkan kita tahu Tipsnya. Nah, apa saja yang bisa anda aplikasikan untuk ruang anda, agar ruang sempit bisa terkesan luas? ini tips – tipsnya  :

NO FURNITURE BESAR

Dalam ruang kecil, penting untuk menghindari furnitur besar

sumber dari : hgtv.com, Jenna Pizzigati Contemporary Apartment Living Room
sumber dari : hgtv.com, Jenna Pizzigati Contemporary Apartment Living Room

TAMBAHKAN KARPET

Sebuah karpet berwarna terang akan memberikan kesan melegakan ruang. Karpet yang berfungsi untuk menutup lantai kayu berwarna gelap, bias juga karpet digunakan untuk membuat lantai lebih nyaman.

sumber : hgtv.com [ DP valencich yellow living room rug ]
sumber : hgtv.com [ DP valencich yellow living room rug ]
BERMAIN WARNA

Hanya karena ruangan anda kecil tidak berarti Anda tidak bias bermain – main dengan warna. Gunakan warna-warna cerah dan grafis keren untuk menambah daya Tarik ruangan. Tapi jangan berlebihan, cukup gunakan dua atau tiga warna saja untuk menciptakan tampilan yang menarik, dan tidak berlebihan.

hgtv.com [ Suvalsky Designs Mark Byron orange living room ]
sumber : hgtv.com [ Suvalsky Designs Mark Byron orange living room ]
MANFAATKAN RUANGAN

Jika memiliki ruangan yang kecil, maka yang terpenting adalah jangan SIA SIA kan space, sekecil apapun itu. Setiap space harus dapat dimanfaatkan. Dan jika ruangan itu vertikal, maka cukup tambahkan beberapa rak, dan space tersebutpun berubah menjadi space yang tampilannya manis, dan bermanfaat.

hgtv.com [ RMS kcuringa shelves in cubby brown gray ]
sumber : hgtv.com [ RMS kcuringa shelves in cubby brown gray ]
BERANI

Jika sebelumnya memang anda diajakn untuk bermain – main dengan warna. Maka, penggunaan warna dengan BERANI, adalah tips selanjutnya. Berani saja bermain dengan warna, baik warna gelap, maupun warna terang. Jika warna yang terang, dan ringan dapat menimbulkan kesan ruangan lebih besar, maka untuk anda yang berkarakter kuat, dapat memilih warna gelap untuk ruangan kecil anda. Warna gelap dapat menimbulkan kesan dramatis, sekaligus gaya. Pastikan, anda memilih bahan dari satin, atau semigloss finish yang dapat memantulkan cahaya di dalam ruangan.

hgtv.com [ CI Home Polish blue black white living room ]
sumber : hgtv.com [ CI Home Polish blue black white living room ]
FURNITURE SERBAGUNA

Ruangan yang tidak besar adalah tantangan. Dan anda bias menaklukkan tantangan ini, dengan memilih furniture yang multifungsi, alias serbaguna. Misalnya saja, keranjang bar, yang bukan hanya berfungsi untuk penyimpanan minuman, tetapi juga dapat difungsikan sebagai meja samping inovatif, tempat menempatkan lampu, buku dan barang-barang lainnya.

hgtv.com [ RX-HGMAG009 Little Spots 082 ]
sumber : hgtv.com [ RX-HGMAG009 Little Spots 082 ]
SERBA PUTIH 

Setelah berani bermain warna, baik kombinasi 2 – 3 warna ringa, atau menggunakan warna gelap, maka kesan lega juga bias diciptakan dengan menjadikan ruangan anda SERBA PUTIH.

Penggunaan warna, dan interior serba putih akan menciptakan kesan menenangkan, sekaligus dapat memantulkan cahaya dan menambahkan ruangan visual.

sumber : hdtv.com [ Soft Combination of Black and White Bedroom ]
sumber : hdtv.com [ Soft Combination of Black and White Bedroom ]
TIPUAN OPTIK

Yang dimaksud dengan tipuan optik adalah, menempatkan suatu dekorasi yang dapat membuat mata melihat ke objek, atau membuat sebuah tampilan di ruangan yang  menonjol daripada penataan yang lainnya. Tipuan Optik misalnya bisa dilakukan dengan menggantung tirai dari langit – langit bukan langsung di atas jendela. Nah, untuk ruang tamu, anda bisa menempatkan meja kaca, yang akan menimbulkan tipuan optik serta membuat ruangan tampak lebih luas. Selain itu, bult in rak, juga dapat menciptakan tipuan optik, sekaligus sebagai tempat penyimpanan.

sumber : hgtv.com [ DP Design Development library living room ]
sumber : hgtv.com [ DP Design Development library living room ]
MEBUAT BAYANGAN CERMIN

Ruangan akan terkesan lebih lega, dengan cara menempatkan sebuah cermin, cukup 2-3 cermin saja. Tidak hanya dekoratif, tetapi cermin akan dapat menambahkan dimensi dan menarik cahaya tambahan.

sumber : hgtv.com [Valencich Entry Seating s3x4 ]
sumber : hgtv.com [Valencich Entry Seating s3x4 ]
jadi sobat rooang, jangan takut untuk bereksperimen dengan ruang sempit di rumah atau apartement anda. selamat mencoba!

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX