1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
redeemyourground

Rooang.com | Ada yang bilang bahwa cantik-tidaknya atau subur-tidaknya tumbuhan yang kita tanam itu adalah takdir bawaan tangan masing-masing. Jadi sebagian orang memang tidak ditakdirkan untuk bisa menanam dan merawat bunga dengan baik. Hal ini tentu tidak benar, karena setiap tanaman memiliki ‘rumus’ masing-masing agar dia bisa tumbuh subur dengan perlakuan yang benar. Termasuk dalam cara merawat hydrangea, si Panca Warna yang dikenal sebagai salah satu tanaman rewel yang susah tumbuh.

cara merawat hydrangea(Hydrangea adalah tanaman cantik yang membutuhkan pengertian dan kesabaran untuk merawatnya. Sumber foto: gardenia.net)

Bunganya memang cantik dan bikin jatuh hati. Pasti langsung ingin beli kalau melihatnya di penjual bunga hidup. Tapi beberapa hari setelah dibawa pulang, bunga-bunganya mulai rontok, daunnya layu, dan dalam hitungan beberapa minggu, hydrangea yang cantik sudah sekarat. Sudah banyak orang jengkel karena sulitnya merawat bunga yang satu ini. Nah, kalau Anda juga termasuk orang yang sedih dengan sulitnya merawat hydrangea, petunjuk berikut ini wajib dibaca.

Pilih hydrangea yang tepat

Satu alasan mengapa sulit merawat hydrangea bisa jadi karena Anda salah memilih jenisnya. Pilih jenis mophead hydrangea, yaitu jenis yang cocok untuk hidup di iklim panas dengan tanah yang agak kering. Jenis mophead hydrangea ini relatif lebih mudah tumbuh di Indonesia, dibandingkan jenis lainnya yang membutuhkan perlakuan suhu dingin. Jenis ini memiliki daun yang lebar dengan bunga yang berwarna-warni.

cara merawat hydrangea(Mophead hydrangea adalah jenis yang cocok untuk ditanam di Indonesia dengan suhu relatif panas dan tanah kering. Sumber foto: monrovia.com)

Cara merawat hydrangea yang baru tumbuh

Pertama, siram hydrangea secara berkala sampai dia bisa tumbuh dengan sendirinya dan menyesuaikan diri dengan tanah dan lingkungan tumbuh. Kedua, siram hydrangea setelah tanahnya tanahnya dikeringkan selama sekitar 2-3 minggu setelah penyiraman terakhir. Pada tahap ini, basahi tanah di sekitar tanaman hydrangea, bukan tepat di tanah tempat tumbuhnya hydrangea, tetapi beberapa senti di sekitarnya. Untuk hydrangea yang ditanam di tempat dengan sinar matahari langsung, berikan lebih banyak air, daripada hydrangea yang ditanam di tempat yang lebih teduh. Taburkan satu sendok makan pupuk organik di sekitar hydrangea setiap 3 bulan sekali.

cara merawat hydrangea(Taburkan pupuk organik di sekitar pangkal hydrangea, untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Sumber foto: endlesssummerblooms.com)

Cara merawat hydrangea yang baru mekar

Setelah masa berbunganya usai, hydrangea harus dipangkas. Pangkas tangkai daun yang sudah tua, agar tumbuh tunas-tunas daun yang baru. Pemangkasan secara rutin membuat hydrangea bisa tumbuh lebih lebat, dan akhirnya jumlah bunganya pun lebih banyak.

hydrangea(Setelah masa berbunga usai, ranting hydrangea harus dipangkas. Sumber foto: diynetwork.com)

Cara melindungi hydrangea dari hama

Setiap 2 hari sekali, cek apakah ada hama yang menempel di daun-daun hydrangea. Gunakan pestisida dengan takaran secukupnya untuk mengusir hama tersebut.

Hydrangea memang tanaman yang cantik dan disukai semua orang. Untuk mendapatkan taman yang cantik di halaman rumah, jangan lupa hubungi home-professional dari Rooang.com, solusi rumah idaman Anda.

hydrangea(Daun-daun dan ranting hydrangea harus sering dicek agar tidak terkena hama. Sumber foto: redeemyourground.com)