Dekorasi dengan Ubin Dinding Ada Caranya, Ikuti Trik Ini!

dekorasi dengan ubin dinding

Rooang.com | Sudah ada banyak orang yang mendekorasi dinding rumah mereka dengan ubin. Menurut sebagian orang, dekorasi dengan ubin dinding akan menjadikan rumahnya terlihat lebih indah dan mewah. Anda setuju dengan pendapat ini?

Dekorasi dinding dengan ubin memang membantu ruangan terlihat lebih cantik. Apalagi untuk area yang rawan rembesan air, misalnya dinding yang berhimpitan dengan atap rumah sebelah, ubin dinding membantu mengurangi rembesan tersebut. Tapi, ada sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan sebelum mendekorasi dengan ubin dinding ini.

Dekorasi dengan ubin dinding tidak bisa disamakan dengan ubin lantai

Ini sering sekali terjadi. Ubin yang seharusnya buat lantai digunakan sebagai ubin dinding. Tentu hasilnya kurang menarik, malah terkesan jelek. Ada ubin khusus untuk dinding dengan desain yang dirancang secara khusus. Untuk dinding Anda, gunakan ubin panel dinding yang saat ini sudah banyak diproduksi, di antaranya: ubin batu alam, ubin bertekstur, dan ubin dengan permukaan bergelombang sesuai motif yang ingin ditampilkan. Ubin dinding di dalam rumah (kecuali di kamar mandi) ini pun sebaiknya tidak memenuhi semua permukaan dinding, melainkan hanya sebagai aksen saja yang mempercantik interior. Kalau terlalu memenuhi semua permukaan, dikhawatirkan malah akan menciptakan kebosanan.

panel dinding ruang tamu(Ubin untuk dinding berbeda dengan ubin untuk lantai. Sumber foto: decorpuzzle.com)

Dekorasi dengan ubin dinding untuk ruang tamu

Untuk area ruang tamu, pilih salah satu sisi dinding untuk dipasangi ubin. Ubin dinding ini nantinya hanya akan menjadi aksen, sementara sisi dinding lainnya tetap menggunakan cat interior tanpa motif. Untuk ruang tamu, jangan gunakan ubin biasa. Saat ini, ada banyak produk ubin 3 dimensi dengan motif dan permukaan yang bergelombang, menciptakan tekstur unik. Berikut ini contoh penggunaan ubin dinding di ruang tamu.

dekorasi dengan ubin dinding(Dinding dengan panel biru yang sangat berkarakter menambah keindahan di ruang tamu. Sumber foto: art3dwallpanels.com)
panel dinding(Untuk dinding ruang tamu, gunakan ubin khusus dengan relief, tidak sama dengan ubin biasa untuk lantai. Sumber foto: 1decor.net)

Dekorasi dengan ubin dinding di kamar mandi

Berbeda dengan area ruang tamu, Anda bisa melapisi semua permukaan dinding kamar mandi dengan ubin. Ini karena kamar mandi adalah area yang pasti akan terkena air, sehingga permukaan dinding perlu dilindungi, tidak hanya menggunakan cat. Ada banyak sekali pilihan ubin untuk area kamar mandi, disesuaikan dengan gaya interior kamar mandi yang diinginkan, apakah minimalis, klasik, atau natural. Untuk menambah kesan natural, gunakan ubin batu alam. Sementara untuk kesan minimalis, gunakan ubin keramik atau porselen biasa yang tanpa motif maupun dengan motif sederhana. Berikut beberapa contoh pengaplikasikan ubin di dinding kamar mandi.

dekorasi dinding dengan ubin(Kombinasi ubin motif dengan ubin polos menghilangkan nuansa yang membosankan. Sumber foto: imbrandon.com)
dekorasi dinding dengan ubin(Dekorasi dengan ubin dinding untuk kamar mandi modern bergaya minimalis. Sumber foto: backalleyjohn.com)

Dekorasi dengan ubin dinding di area outdoor

Untuk area outdoor, paling tepat jika menggunakan ubin dinding dari material batu alam. Ada banyak sekali jenis batu alam yang cocok dipasang pada dinding pagar maupun dinding rumah eksterior, dengan beragam warna menarik. Tinggal sesuaikan dengan nuansa yang diinginkan.

dekorasi dengan ubin dinding(Ubin batu alam sangat pas untuk menambah kesan natural di taman belakang atau depan rumah. Sumber foto: wairaustone.com)
dekorasi dengan batu alam(Selain di dinding pagar, ubin dinding dari batu alam juga cocok untuk menghias dinding area luar seperti teras atau balkon. Sumber foto: infobisnisproperti.com)

Dekorasi ubin dinding untuk dapur

Dinding dapur yang biasa dipasangi ubin adalah area backsplash, yaitu dinding antara meja dapur (countertop) dengan kabinet dapur. Di antara jenis material backsplash yang ada, ubik keramik atau porselen merupakan material yang mudah didapat, mudah dipasang, dan mudah perawatannya. Harganya pun lebih murah dibandingkan material yang lain. Pemilihan ubin untuk backsplash ini disesuaikan dengan gaya interior dan warna kabinet dapur.

desain kabinet dapur(Ubin bergaya vintage menghias backsplash dapur bergaya jadul modern. Sumber foto: czytamwwannie.blogspot.com)
dekorasi dapur(Dapur ala mid-century dengan kombinasi warna hitam-putih dan ubin dinding klasik warna putih. Sumber foto: eastsidehomelink.com)

Dekorasi dengan ubin dinding untuk ruang makan

Dekorasi di ruang makan pun tidak bisa diabaikan. Dulu, orang-orang tua senang memajang lukisan makanan, sayur, dan buah di ruangan ini. Untuk ruang makan minimalis modern, Anda bisa menggunakan ubin dinding bergaya kontemporer maupun vintage, sesuai gaya interior di rumah secara keseluruhan.

dekorasi ruang makan(Aksen dinding berupa instalasi ubin kuno Talavera yang saat ini sedang ngetren, menjadikan ruang makan makin hits. Sumber foto: housetohome.co.uk)
dekorasi dengan ubin dinding(Ubin konvension berukuran kecil menghias dinding di ruang makan minimalis. Sumber foto: pinterest.com)

Dekorasi dengan ubin dinding untuk kamar tidur

Penggunaan ubin 3 dimensi paling tepat jika dipasang di atas headboard ranjang Anda. Bisa juga menggunakan ubin keramik bergaya klasik, untuk menciptakan ruangan bernuansa vintage modern.

dekorasi kamar dengan ubin

Untuk desain interior yang stunning dengan menggunakan ubin dinding, pastikan Anda menghubungi dekorator interior terpercaya dari Rooang.com, yang siap membantu Anda menjadikan rumah tampak lebih indah menawan.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX