Membasmi Rayap di Rumah Ternyata Butuh Trik Khusus, Sudah Tahu?

membasmi rayap di rumah

Rooang.com | Setiap rumah pasti memiliki perabot yang terbuat dari kayu, entah itu lemari pakaian, sofa, atau meja. Begitu juga komponen lainnya di rumah, selalu ada yang terbuat dari kayu, seperti rusuk atap, pintu, dan jendela. Masalah utama yang dihadapi oleh material kayu ini selain udara lembab dan basah yang menyebabkan pelapukan, yaitu rayap. Binatang kecil yang hidup berkoloni ini bisa menghancurkan rumah Anda tanpa disadari. Keberadaan rayap sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kerugian materi yang luar biasa besar. Karenanya, membasmi rayap di rumah harus dilakukan sesegera mungkin.

membasmi rayap di rumah(Rayap menimbulkan akibat fatal pada kondisi rumah, bahkan sampai tidak bisa ditinggali dengan layak. Sumber foto: precisionhp.com)

Ada banyak cara untuk mengenyahkan binatang ini. Mulai dari cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri, sampai cara-cara profesional dengan bantuan tenaga ahli khusus rayap dan alat berteknologi tinggi. Mana yang harus dipilih tergantung dari tingkat kegawatan kasus kerusakan akibat rayap.

membasmi rayap di rumah(Perawatan dan pencegahan yang tepat terhadap rayap bisa membuat tampilan rumah lebih indah dan tetap nyaman ditinggali sampai puluhan tahun. Sumber foto: thejunkmap.com.au)

Membasmi rayap di rumah dengan bahan alami

Ada bahan alami yang ternyata ampuh digunakan untuk mengusir rayap, yaitu garam dapur. Caranya mudah sekali. Cukup larutkan garam dan tembakau dengan air, lalu masukkan ke botol semprotan. Semprotkan ke permukaan benda yang menjadi rumah rayap lalu jemur agar kering dan tidak lapuk.

membasmi rayap di rumah(Merawat kayu dengan air garam. Sumber foto: ukoakdoors.co.uk)

Cara lainnya yang semi-natural adalah mengapur kayu. Kayu merupakan material yang menghasilkan hawa panas yang tidak disukai oleh rayap. Dengan mengapur kayu, rayap akan merasa tidak nyaman lalu menyingkir dengan sendirinya dari perabot kayu di rumah Anda.

membasmi rayap di rumah(perawatan secara rutin akan membantu mencegah datangnya rayap di rumah. Sumber foto: superhome.co.nz)

Mencegah datangnya rayap

Agar jendela, pintu, rangka atap, dan furnitur di rumah terhindar dari rayap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih material kayu berkualitas dengan daya tahan tinggi terhadap serangan rayap. Lapisi dengan cairan khusus anti rayap, baru kemudian lapisi permukaan furnitur dengan pelitur atau cat khusus kayu. Untuk furnitur dan pintu-jendela, lapisi terlebih dahulu dengan cat dasar khusus kayu. Jemur furnitur secara rutin untuk mengurangi kelembaban yang bisa mengundang datangnya rayap.

tips mengatasi rayap(Cat kayu dan pelitur membantu mencegah datangnya rayap. Sumber foto: eastwoodscarpentry.co.uk)

Membasmi rayap di rumah dengan bantuan ahli

Sekarang ini, sudah ada beberapa usaha jasa membasmi rayap di rumah yang dilakukan oleh para profesional di bidang rayap. Mereka akan mengecek setiap komponen bermaterial kayu di rumah Anda, lalu melakukan perbaikan di bagian-bagian yang dirasa perlu. Tentu sedikit lebih mahal dan mengeluarkan biaya, tapi hasilnya sepadan dengan kenyamanan hidup yang Anda rasakan bersama keluarga.

mencegah rayap(Pencegahan rayap sejak

Bagaimana, masih bingung cara mengatasi keberadaan serangga ini di rumah? Jangan ragu hubungi pakar home-improvement dari Rooang.com untuk menyelesaikan semua masalah di rumah Anda.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX