Cara Alami Mengusir Semut

Rooang| Semut adalah salah satu hewan yang sering sobat dapati di properti sobat. Kehadiran semut sering kali mengganggu bahkan jika dibiarkan bisa merusak properti maupun furnitur. Biasanya sobat menggunakan pestisida untuk mengusir semut. Namun Rooang akan memberikan pilihan alami untuk mengusir semut.

Campurkan garam dan air hangat untuk membasi sarfang semut. Sumber: inhabitat.com
Campurkan garam dan air hangat untuk membasi sarfang semut. Sumber: inhabitat.com

Garam dan lada

Menyebarkan garam di sudut ruangan dan pada sarang semut adalah cara lain yang efektif untuk mengusir semut.

Cara lain, larutkan garam dengan air panas kemudian semprotkan ke daerah yang banyak semut. Selain garam, lada juga bekerja efektif mengusir semut. Gunakan cara yang sama seperti ketika Sobat menggunakan garam.

Air perasan jeruk nipis/lemon

Cara lain yang sangat mudah untuk menyingkirkan semut adalah dengan mencampur jus lemon dengan sedikit air dan disemprotkan di daerah yang banyak semut. Nantinya jus lemon atau jeruk nipis ini bisa mengacaukan penciuman semut.

Air perasan lemon ternyata bisa mengacaukan indra semut. v
Air perasan lemon ternyata bisa mengacaukan indra semut. v

Daun sirih

Aroma daun sirih tidak disukai semut, karena itu Sobat bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut. Caranya, dengan meremas daun sirih dan meletakkan pada bagian yang Sobat inginkan bebas dari semut.

Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma khas yang tidak disukai semut. Sobat bisa menaburkan bubuk kayu manis pada lokasi yang ingin bebas dari semut.

Selain untuk mengusir bau tidak sedap, bubuk kopi juga bisa mengusir semut.  Sumber: inhabitat.com
Selain untuk mengusir bau tidak sedap, bubuk kopi juga bisa mengusir semut. Sumber: inhabitat.com

Bubuk kopi

Bubuk kopi tidak hanya bermanfaat menetralisir bau, tapi juga membuat semut kabur. Sobat bisa menaburkan bubuk kopi atau ampas kopi sisa minuman Sobat pada tempat-tempat yang diinginkan.

Jika tidak ingin mengorbankan bubuk kopi baru, ampas kopi juga masih berguna lho mengusir semut. Taburkan di taman untuk mengusir semut dari tanaman sekaligus menggemburkan tanah.

Cuka

Metode lain yang efektif menyingkirkan semut adalah dengan menyemprotkan cuka pada tempat yang sering dilalui semut. Bau yang kuat dari cuka akan membuat semut menghindarinya. Selain cuka, cuka apel dan minyak peppermint juga bisa digunakan dengan cara yang sama.

Taburkan bedak bayi di sekitar kasur bayi untuk menjauhkan semut menjauhkan smeut dari jangkauan anak. Sumber: inhabitat.com
Taburkan bedak bayi di sekitar kasur bayi untuk menjauhkan semut menjauhkan smeut dari jangkauan anak. Sumber: inhabitat.com

Bedak bayi

Bedak bayi juga ampuh mengusir semut pergi. Untuk menjaga si kecil dari gigitan semut, taburkan bedak bati pada bawah tempat tidur bayi atau tempat lainnya. Sobat juga bisa menaburkan bubuk bayi di setiap titik semut masuk agar memblokir mereka untuk memasuki rumah.

Dengan pilihan cara alami tersebut, sobat tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia berbahaya lagi untuk mengusir semut. Selain menjaga kesehatan penghuni rumah, sobat juga tidak merusak furnitur atau bagian properti yang dihinggapi banyak semut. Jika sobat masih memiliki masalah lainnya terkait home living, bisa lho konsultasi dengan personal designer disini.

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX