0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Tips-Memilih-Sofa-Yang-Nyaman-Untuk-Ruang-Tamu
Sumber : http://riesalam.com/

Sofa merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah desain interior sebuah rumah. Sofa yang nyaman serta awet merupakan salah satu faktor untuk membuat sobat semakin betah di rumah, bukan? Nah, kali ini Rooang akan memberikan sebuah tips sederhana yaitu langkah-langkah untuk memilih sofa yang nyaman dan tahan lama supaya membuat sobat rooang semakin betah di dalam rumah. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak sobat!

Sumber : http://riesalam.com/
Sumber : http://riesalam.com/
  • Tentukan Letak Sofa

Sebelum membeli sofa sobat rooang harus terlebih dulu mengetahui di mana sofa tersebut akan diletakkan. Apakah di ruang tamu, ruang keluarga, atau teras belakang?

  • Sesuaikan dengan Kebiasaan

Sebelum membeli, Anda tentu mengetahui di mana sofa tersebut akan diletakkan. Setelah mengetahui di ruangan mana sofa akan diletakkan, yang berikutnya yang harus diperhatikan adalah kebiasaan keluarga sobat jika berada di ruangan tersebut jika sedang menggunakan sofa. Misalnya sofa untuk ruang keluarga tentu berbeda dengan sofa yang untuk di ruang tamu, bukan?

Sumber : http://bangunrumahkpr.com/
Sumber : http://bangunrumahkpr.com/

Sofa di ruang keluarga biasanya akan menjadi pusat aktivitas keluarga di ruangan tersebut. Sekedar bercengkerama, menonton tv atau hanya sekedar bersantai. Maka biasanya sofa di ruang keluarga membutuhkan sofa dengan bingkai yang kokoh dan nyaman untuk diduduki. Jangan lupa melengkapinya dengan cushion sebagai bantalan agar semakin nyaman, sobat!

  • Hitung Ukuran

Ada banyak sekali ukuran sofa yang dijual, jadi berhati-hatilah sobat dalam mengukur luas area ruangan! Karena sofa akan terlihat lebih kecil ketika diletakkan di toko furnitur yang lebih luas dengan langit-langit yang tinggi, namun, ketika diletakkan di rumah, bisa jadi sofa tersebut terlalu besar hingga menyebabkan ruangan terkesan sesak dan menghambat mobilitas penghuni. Jadi, sebelum membeli, pastikan ukuran sofa yang dibutuhkan. Hitunglah berdasarkan luas ruang dan ukuran furnitur yang berada di sekitarnya. Terakhir, sesuaikan dengan jumlah penghuni rumah, sobat!

Sumber : https://desainrumah.me/
Sumber : https://desainrumah.me/
  • Tingkat Kenyamanan

Suspensi memegang peranan penting dalam hal kenyamanan. Untuk mengetahuinya, coba duduki sofa tersebut dan rasakan secepat apa sofa merespons untuk menahan berat badan Anda.

  • Periksa Dudukan Sofa

Sofa dengan dudukan pegas biasanya lazim digunakan karena pegas merupakan penyangga yang sempurna. Namun,lambat-laun kekuatan pegas akan semakin kendur dan hilang, sobat! Jadi sebelum sobat memutuskan untuk membeli sofa, cobalah untuk mendudukinya terlebih dahulu. Jika terdengar bunyi berdenyit, berarti pegas terpasang dengan buruk. Jadi harus ekstra teliti ya, sobat!

  • Perhatikan Kerapian

Kerapihan jahitan pada sofa juga berpengaruh, lho sobat! Pilihlah rangka sofa yang terbuat dari rangka kayu keras, seperti oak, maple atau jati. Penggunaan kayu oven akan memperpanjang umur sofa karena tahan terhadap rayap. Alangkah baiknya lagi jika kaki sofa menyatu atau dibor dengan rangka. Hindari membeli sofa yang hanya dipasang dengan lem. Perlu diingat, staples, paku dan lem hanya boleh dijadikan sebagai pelengkap kursi dekoratif bukan penguat sofa.

Sumber : http://furnion.blogspot.co.id/
Sumber : http://furnion.blogspot.co.id/
  • Konstruksi Sofa

Konstruksi penyangga sofa mayoritas menggunakan kayu yang sudah dikeringkan agar tidak lembap. Sobat, dapat memilih sofa dengan bingkai yang ditutupi pelapis hingga lantai, atau bisa juga memilih sofa dengan kaki-kaki kayunya yang terekspos. Sofa yang diberi pelapis hingga lantai umumnya lebih nyaman, empuk, dan lembut. Sementara kelebihan sofa dengan kaki-kaki terekspos adalah memudahkan proses pembersihan lantai di area sofa.

Sumber : http://oldminer.blogginger.com/
Sumber : http://oldminer.blogginger.com/
  • Pilih Bahan Pelapis Sofa

Ketika memilih sofa yang nyaman dan tahan lama, sobat rooang perlu mempertimbangkan kain pelapisnya. Tak banyak yang menyadari, kain pelapis (upholstery) sangat menentukan harga sofa impian. Maka sebelum menentukan sofa impian, lebih baik seimbangkan sisi estetis, harga, dan ketahanan materialnya sobat! Agar sofa impian bisa sobat rooang dapatkan. Umumnya, pemilik hunian merasa bimbang memilih material pelapis. Kulit atau kain? Karena beda material, beda pula nuansa gaya yang tercipta. Sofa yang dilapisi dengan kain, misalnya, akan terlihat lebih kasual dan ceria. Sementara pelapis kulit mengesankan gaya yang lebih klasik dan mewah. Pemilihan warna atau motif pun harus diperhatikan, lho! Lebih baik, pilih corak dan warna yang selaras dengan tema hunian dan sesuai selera sobat rooang! Supaya semakin betah dan nyaman berada di dalam rumah!

Sofa kulit. Sumber : http://www.popeti.com/
Sofa kulit. Sumber : http://www.popeti.com/
Sofa bahan kain. Sumber : http://www.kioopo.com/
Sofa bahan kain. Sumber : http://www.kioopo.com/