0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
sre_0504
Sumber: thesunlitwindow.files.wordpress.com

Di negara Asia, sebenarnya juga banyak terdapat tempat-tempat unik dan menarik untuk dikunjungi. Warisan budaya dari leluhur, bangunan dari masa peradaban kuno di wilayah Asia juga sama menganggumkannya dengan bangunan kuno di Eropa. Setelah Rooang membahas tentang Kota Pink di India, sekarang Rooang akan mengajak Sobat menelusuri keindahan masjid di Oman.

Masjid ini bernama Masjid Agung Sultan Qaboos di wilayah Muskat, Oman. Masjid ini bahkan mendapat predikat luar biasa, yaitu masjid dengan karpet buatan tangan terbesar kedua di dunia setelah Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi. Masjid Sultan Qaboos dibangun memang bertujuan untuk digunakan bagi kesultanan di Oman, dan rencana pembangunan telah dilaksanakan sejak tahun 1993.

Sumber: stevetarbuck.files.wordpress.com
Sumber: stevetarbuck.files.wordpress.com

Struktur Bangunan

Keseluruhan bangunan menghabiskan 300 ribu ton batu pasir merah yang didatangkan langsung dari India. Kubahnya yang paling besar memiliki tinggi sekitar 50 meter dari permukaan lantai, dengan menara utama besar setinggi 90 meter dan menara kecil yang mengeliling dengan masing-masing tinggi 45,5 meter. Keseluruhan area jika dihitung bisa mencapai 416 ribu meter persegi, dengan luas bangunan 40 ribu meter persegi. Masjid ini mampu menampung 6.500 orang jamaah laki-laki dan 750 orang jemaah perempuan di bagian dalam masjid, dan sekitar 8000 ribu jemaah di luar masjid. Jika ditotal secara keseluruhan, masjid ini bisa menampung sekitar 20 ribu orang.

Sumber: wandainoman.blogspot.com
Sumber: wandainoman.blogspot.com

Karpet Megah Terbesar Kedua

Selembar karpet yang menutupi satu ruangan di dalam masjid memiliki pintalan sejumlah satu juta tujuh ratus pintalan dengan berat mencapai 1 ton. Proses pembuatan satu karpet memakan waktu empat tahun.

Salah satu motif karpet di masjid Sultan Qaboos. (Sumber: karim74.files.wordpress.com)
Salah satu motif karpet di masjid Sultan Qaboos. (Sumber: karim74.files.wordpress.com)
Ukiran dinding indah dilapisi karpet cantik dibawahnya
Ukiran dinding indah dilapisi karpet cantik dibawahnya

Karpet megah dan besar ini dibuat dengan sentuhan tradisional ala Tabriz, Kashan dan Ishafan di Iran. Sebagian besar motif karpet bergambar buah-buahan kering. Karpet besar ini dibuat oleh Iran Carpet Company atas permintaan Diwan of the Royal Court of Sultanate of Oman. Satu lembar karpet berukuran 70 meter x 60 meter, dan bisa menutupi ruangan seluas 4.343 meter persegi. Seluruh ruangan bisa tertutup oleh satu karpet.

Chandelier Terbesar Kedua

Selain predikat karpet buatan tangan terpanjang, masjid Sultan Qaboos juga menyandang predikat dengan lampu (chandelier) terbesar kedua di dunia. Chandelier ini berukuran 14 meter dan dibuat oleh pabrik Faustig di Jerman.

Sumber: thousandwonders.net
Sumber: thousandwonders.net
Sumber: thousandwonders.net
Sumber: thousandwonders.net

Jangan lupa untuk mengabadikan momen menakjubkan di dalam masjid saat Sobat berkunjung ke Muskat, Oman. Tidak ada tarif untuk masuk ke dalam masjid, dan terbuka untuk kalangan masyarakat umum.

 

 

1 COMMENT