Imelda Akmal, Ibu Sekaligus Penulis Arsitek yang Hebat

20131115_Imelda-Akmal_4

Berbicara mengenai tanggal 22 Desember, tentu sobat rooang sudah tahu jika hari ini adalah Hari Ibu, bukan! Dan berbicara mengenai Ibu, tentu akan banyak sekali hal yang bisa dibahas, sobat rooang. Namun, di hari yang spesial untuk para perempuan khususnya para Ibudi seluruh Indonesia, Rooang akan membahas seorang arsitek wanita hebat yang sangat professional pada saat berkarir dan juga apik saat harus berganti peran menjadi seorang ibu, siapakah arsitek tersebut?

Imelda Akmal

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang  sepak terjang arsitek wanita hebat yang satu ini? Ya, Imelda Akmal adalah salah satu arsitek wanita yang dimiliki oleh Indonesia. Yang cukup terkenal dan konsisten dengan sepak terjangnya di dunia arsitektur dan publikasi khususnya bidang kritik arsitektur. Hingga pada akhirnya beliau mendirikan sebuah studio yang diberi nama Imelda Akmal Architectural Writer (IAAW). Studio IAAW ini sendiri adalah sebuah studio yang bergerak di bidang jasa penulisan buku arsitektur, mulai dari proses pra penulisan hingga pasca penulisan. Studio ini menangani proses penentuan ide, penulisan, styling, fotografi, desain buku, hingga proses cetak dengan pihak penerbit. Studio ini tidak hanya bergerak di bidang penulisan, namun sudah merambah ranah book production di bidang arsitektur dan interior. Hingga saat ini, sudah banyak judul buku dan majalah yang diterbitkan, di antaranya adalah seri buku Archinesia, seri buku menata rumah, monograf sampai coffeetable book.

Imelda Akmal Architectural Writer (IAAW)

Sumber : https://studioiaaw.wordpress.com/
Sumber : https://studioiaaw.wordpress.com/

425438_317529441670943_1900307284_n

Dalam mendirikan Studio IAAW, tentu saja Imelda tidak asal-asalan, sobat! Beliau memulai awal perjalanan Studio IAAW sejak beliau lulus dari AA School of Architecture di Inggris, jurusan Teori dan Kritik Arsitektur. Sejak studi di sana, Imelda merasakan perjalanannya kali itu, merupakan titik tolak dalam hidupnya. Dalam bersekolah di  AA School of Architecture, tentu bukan diajari tentang bagaimana cara menulis yangbenar kemudian jadi penerbit buku. Namun, di sana  Imelda diajarkan bagaimana berpikir kritis dalam berarsitektur dengan berdasarkan teori. Bekal pembelajaran dari AA School itulah yang membuatnya berpikir kritis terhadap arsitektur sampai memutuskan untuk mendirikan Studio IAAW. 

Dalam menjalankan Studio IAAW, Imelda Akmal tidak sendirian sobat rooang, beliau dibantu oleh sang suami tercinta, Sonny Sandjaya yang berprofesi sebagai seorang fotografer arsitektural. Sehingga jelas sekali pembagian lingkup kerja di Studio IAAW ini, jika Imelda bertugas untuk mengawal proses penulisan, editing sampai proses ke percetakan maka sang suami Sonny bertugas untuk memotret setiap objek arsitektural yang akan dimuat di majalah terbitan Studio IAAW.

Keluarga

Sonny Sandjaya dan Imelda Akmal di Skotlandia
Rooang dan arsip pribadi Sonny Sandjaya – Imelda Akmal

Tentu sebagai seorang wanita, Imelda Akmal tidak melupakan kodrat serta tanggung jawabnya sebagai seorang istri dan ibu. Meskipun beliau sangat sibuk dengan beragam kegiatan dan aktivitas tentang arsitektur, publikasi, liputan, event, dll. Beliau selalu menyempatkan waktu untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga khususnya sang anak seperti berikut ini.

Sumber : https://www.instagram.com/imelda_akmal/
Kebersamaan Imelda Akmal dengan suami dan anak tercinta. Sumber : https://www.instagram.com/imelda_akmal/

Sosok Ibu dan wanita yang patut sobat rooang jadikan inspirasi, ya! Oh jangan lupa untuk mengucapkan rasa sayang terhadap Ibu sobat rooang semua di Hari Ibu ini, ya!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX