Memaksimalkan Balkon Menjadi Ruang Terbuka Impian

Sumber : Pinterest

Balkon adalah ruang terbuka yang ada di sebuah rumah berlantai dua atau lebih. Biasanya balkon memang dibuat dengan luas yang tidak terlalu besar, sobat! Dan biasanya area balkon hanya sebagai bentuk perluasan ruang dan hanya sebatas ruang kosong tanpa desain/dekorasi, sobat! Padahal sebenarnya jika balkon di rumah sobat rooang didesain seperti berikut ini, niscaya akan menambah cantik suasana di rumah. Tidak percaya? Yuk, buktikan!

Balkon dibuat dengan maksud dan tujuan sebagai area/empat yang nyaman untuk memandang keluar rumah dengan pemandangan langsung  di sekitar rumah. Balkon juga menjadi salah satu spot yang sangat eye-catching di sebuah rumah, sobat! Dan rumah sobat rooang akan semakin eye-catching dan cantik jika menata/mengatur desain balkon yang cantik seperti berikut ini!

Untuk semakin mempercantik balkon di rumah, sobat rooang hanya tinggal menambahkan lima (5) benda ini, kok!

Meja-Kursi

Menambahkan sedikit furnitur mungil seperti meja dan kursi akan membuat balkon di rumah juga bisa berfungsi sebagai ruang privat yang cozy dan relaxing untuk bercengkerama. Seperti yang tampak pada gambar, meletakkan sofa-bench dari kayu berbentuk ‘L’ dengan meja kayu bulat menambah nyaman suasana di dalam balkon.

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Balkon tidak hanya sebatas area perluasan ruang yang terbuka, sobat! Meletakkan meja-kursi pun tidak langsung mengubah balkon hanya menjadi ruang untuk sekedar bercengkerama, saja. Balkon pun bisa difungsikan sebagai ruang hobi seperti ini. Letakkan saja meja belajar, kursi, dan alat hobi sobat rooang. Melakukan hobi sambil melihat pemandangan luas di sekitar rumah tentu akan memunculkan banyak inspirasi di kepala sobat rooang!

Sumber : http://www.cuded.com/
Sumber : http://www.cuded.com/

Lampu

Tambahkan lampu-lampu gantung untuk menerangi sekaligus menyemarakkan suasana balkon di rumah. Meletakkan meja-kursi yang nyaman kemudian menambahkan lampu hias. Jangan lupa pilih cushion yang nyaman agar saat bersantai di balkon sobat rooang merasa bahagia!

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Lampu-lampu hias berbentuk bola dan lilin ini dengan keberadaan sofa, cushion serta selimut bulu-bulu di area balkon menambah suasana cozy, intimate dan romantis, sobat! Apalagi jika ditambahkan juga dengan lilin maka balkon di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk tempat candle light dinner bersama pasangan.

Sumber : http://www.caradesain.com/
Sumber : http://www.caradesain.com/

Tanaman

Tanaman merupakan elemen dekorasi alami dan natural yang tak pernah gagal menciptakan suasana asri nan menenangkan. Begitu juga jika sobat rooang beberapa pot tanaman sebagai penghijau balkon, warna bunganya yang beragam juga berpotensi sebagai elemen dekoratif yang sempurna. Dengan kehadirannya, mata dan tubuh dapat terasa lebih rileks serta udara di rumah bertambah bersih. Tanaman tersebut bisa sobat rooang letakkan di area bawah/lantai atau bisa juga ditempel di dinding seperti ini.

Sumber : http://www.caradesain.com/
Sumber : http://www.caradesain.com/

Membuat dinding tanaman di area balkon dapat juga dibuat sepert berikut ini sobat. Buat area vertikal di balkon rumah lalu isi langsung dengan tanaman kesukaan sobat rooang tambahkan sofa gantung sebagai elemen dekorasi yang membuat balkon rumah menjadi semakin cozy.

Sumber : http://www.minimalisti.com/
Sumber : http://www.minimalisti.com/

Hammock

Hammock biasanya dipasang di area terbuka/outdoor. Namun kali ini, hammock hadir di dalam ruangan yang berfungsi sebagai elemen dekorasi balkon yang menjadikan balkon sebagai tempat bersantai dan melepas lelas apalagi dengan tambahan bantal-bantal di area lantainya yang dilapisi oleh parket ini.

Sumber : http://www.caradesain.com/
Sumber : http://www.caradesain.com/

Kanopi

Kanopi tidak harus selalu ada, kok sobat! Terlebih bila atap sudah menaungi ruang dibawahnya, tetapi jika sobat rooang berniat untuk menambahkannya tentu hal ini dapat membuat balkon terasa lebih nyaman. Hal ini karena kanopi bisa berfungsi untuk meneduhkan area itu dari panas matahari serta hujan, seperti berikut ini.

Sumber : http://www.avso.org/
Sumber : http://www.avso.org/

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX