Wajib Tahu, Seni Melipat Serbet Makan Ala Hotel

1457989778-7bownapkin10
Sumber : http://www.countryliving.com/

Sobat rooang, pasti sudah sering mengunjungi restoran-restoran yang mengusung konsep fine dining dengan tata meja makan yang cantik dan rapi.  Nah, sobat rooang juga bisa lho melakukan tata meja makan yang cantik dan rapi ala hotel atau restoran fine dining tersebut! Bagaimana caranya? Mudah kok, sobat! Belajar saja cara melipat serbet makan saja seperti yang berikut ini!

Sumber : http://www.countryliving.com/
Sumber : http://www.countryliving.com/

Sebelum belajar tentang seni melipat serbet makan (napkin folding) ada baiknya sobat rooang belajar tentang sejarahnya dulu, yuk!

Deskripsi dan Sejarah Serbet Makan/Napkin

Napkin, serbet atau handuk wajah merupakan kain berbentuk persegi panjang yang ada di atas meja dan berguna untuk menyeka mulut dan jari ketika makan. Kata napkin berasal dari bahasa Inggris Tengah dan sebenarnya merupakan pinjaman dari bahasa Perancis “Nappe” yang artinya untuk meja. “Nappe” kemudian ditambahkan dengan akhiran “-kin” untuk menunjukkan bahwa ukurannya kecil.

Secara konvensional, serbet sering dilipat dan diletakkan di bagian kiri dari table setting dan di posisikan setelah garpu paling luar. Di restoran atau di tempat makan yang fine dining, lipatannya seringkali dibuat dengan sederhana atau dibuat lebih rumit pun bisa dan biasanya peletakannya berada di atas piring yang masih kosong.

Penggunaan serbet dalam sejarah sudah ada sejak zaman romawi kuno. Salah satu sumber tertua mengenai penggunaan ini sudah ada sejak tahun 1384-1395. Dalam sejarahnya napkin pertama sebenarnya bukanlah berbahan kain, melainkan adonan roti yang disebut dengan ‘apomagdalie’. Adonan ini dipotong-poting menjadi kecil kemudian ditipiskan dengan cara digulung dan diletakkan di atas meja. Hal ini merupakan awal mula kebiasaan menyeka tangan dengan menggunakan irisan atau remah-remah roti. Pada abad ketujuh belas, ukuran standar serbet adalah dengan panjang 35 inch dan lebar 45 inch. Sebenarnya ukuran ini merupakan sepertiga luas dari taplak meja. Tidak lama kemudian, ukuran serbet kembali mengalami perubahan hingga menjadi panjang 36 inch dan lebar 30 inch. Namun, sekarang ini ukuran napkin bermacam-macam dan disesuaikan dengan kebutuhan. Napkin berukuran besar biasanya dipakai untuk jenis menu yang bevariasi dan biasanya digunakan ketika acara formal, ukuran napkin sedang digunakan untuk menu yang lebih simpel dan napkin dengan ukuran kecil untuk acara minum atau koktail.

Ragam Desain Serbet Makan/Napkin

Untuk melipat napkin, dapat menggunakan teknik origami seperti ketika melipat kertas, sehingga dapat dibentuk menjadi tiga dimensi juga, lho! Dan bentuk yang dihasilkan juga bermacam-macam sobat! Mulai dari bentuk hewan, pita, hingga berbentuk hati ala nuansa valentine,seperti ini!

Sumber : https://laurenconrad.com/
Tutorial. Sumber : https://laurenconrad.com/
Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Bentuk serbet makan ala bunny si kelinci yang lucu dan menggemaskan ini, sobat! Anak-anak pasti senang jika di atas meja makan mendapati adanya serbet kelinci ini. Jika libur tiba, ajaklah anak-anak untuk bermain dan berkreasi sambil belajar melipat serbet seperti berikut ini.

Sumber : http://www.countryliving.com/
Sumber : http://www.countryliving.com/

Berikut tutorialnya, sobat!

Sumber : http://www.pulsk.com/
Sumber : http://www.pulsk.com/

Di bulan Desember yang mendekati suasana chrismast seperti ini, serbet makan pun bisa dilipat dan dibentuk ala pohon natal seperti ini, lho!

Sumber : http://www.fabartdiy.com/
Sumber : http://www.fabartdiy.com/

Membuat suasana chrismast di rumah juga bisa dengan model serbet makan ala lilin natal dengan motif serbet makan stripes pattern berikut!

Sumber : liveinternet.com
Sumber : liveinternet.com

Si serbet makan/napkin juga dapat disatukan dengan sendok garpu yang dengan menggunakan cincin khusus layaknya tutorial berikut ini!

Sumber : http://www.fabartdiy.com/
Sumber : http://www.fabartdiy.com/

Cantik dan mudah bukan membuatnya, sobat rooang! Selamat mencoba di rumah.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX