Apa Hubungan Warna Cat dan Mood?

Sumber: http://iranews.net/
Sumber: http://iranews.net/

Jika Sobat merasa stres saat masuk ke dalam rumah dan melihat ruang tamu atau mengalami susah tidur di dalam kamar Sobat, jangan keburu khawatir dan menganggap ada yang bermasalah dalam diri Sobat. Bisa jadi yang salah hanyalah penggunaan warna cat pada ruangan Sobat. Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti dalam penggunaan warna cat pada setiap ruangan, seperti dikutip dalam Apartment Therapy, warna ruangan sangat mempengaruhi perasaan yang berada di dalamnya.

Faber Birren, seorang konsultan warna dan pembuat teori warna sekaligus penulis buku asal Amerika menjabarkan betapa berpengaruhnya jenis warna yang dipilih di dalam ruangan. Dalam bukunya yang berjudul Color Psychology and Color Therapy: A Factual Study of the Influence of Color, Birren menuliskan hasil penelitiannya tentang pengaruh psikologi warna-warna pada emosi dan perasaan seseorang.

Rooang telah merangkumnya dan bagaimana pendapat Faber Birren soal warna?

Merah

Menurut Birren, cat ruangan berwarna merah dapat membangkitkan selera makan, sekaligus mewakili suasana yang romantis dan penuh kemauan. Kombinasi warna merah cenderung gelap dan hitam secara tak sadar juga menggambarkan kemarahan. Warna merah sangat umum didapatkan dalam gaya desain ala Asia.

Sumber: http://imanada.com/
Sumber: http://imanada.com/

Orange

Warna orange seperti buah jeruk ini tentu lebih ramah dan menyejukkan dibandingkan warna merah. Warna orange juga sangat cocok diterapkan untuk kamar tamu, walaupun tidak menutup kemungkinan warna orange juga digunakan dalam ruang kerja karena mewakili rasa bangga pada diri sendiri.

Sumber: http://homegoid.com/
Sumber: http://homegoid.com/

Kuning

Sangat disarankan untuk ruangan dengan pencahayaan yang kurang, serta ruangan yang sempit. Karena warna kuning dapat memberikan nuansa cerah pada ruangan. Menurut Birren, warna kuning juga menggambarkan seseorang yang cerdas dan berintelektual tinggi.

Sumber: http://iranews.net/
Sumber: http://iranews.net/

Hijau

Warna yang nyaman, mewakili perasaan relaks yang menurut Birren lebih menawan daripada biru. Warna hijau yang terang cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu.

Sumber: http://artis-design.kh.ua/
Sumber: http://artis-design.kh.ua/

Biru

Tenang dan nyaman, sangat cocok untuk kamar tidur. Warna biru juga menggambarkan kemegahan yang teduh dan tak perlu banyak penjelasan.

Sumber: http://hgtvhome.sndimg.com/
Sumber: http://hgtvhome.sndimg.com/

Ungu

Jika Sobat tidak menyukai warna ungu dalam kamar tidur karena dianggap sebagai warna janda, warna ungu cocok diterapkan di dalam kamar si kecil. Warna ungu sangat manis apalagi kalau dipadukan dengan warna merah muda.

Sumber: http://www.kelabox.com/
Sumber: http://www.kelabox.com/

Setelah membaca rangkuman di atas, warna manakah yang akan Sobat gunakan?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX