Pilah-Pilih Material Tepat untuk Lantai Carport

http://inspirationseek.com/

Kegiatan mendekorasi rumah tidak melulu hanya berlaku pada bagian interior saja sobat. Area eksterior atau luar ruangan pun, juga perlu dipikirkan, lho! Bagian eksterior yang akan dijelaskan oleh Rooang kali ini adalah carport! Carport merupakan area terbuka yang letaknya berada di depan garasi yang berfungsi sebagai area peristirahatan sementara mobil sebelum masuk ke dalam garasi. Carport sering disebut sebagai garasi, namun pemahaman tersebut salah, sobat! Meskipun secara fungsi bisa juga difungsikan sebagai garasi.

Karena carport berada di luar ruangan, tentunya pemilihan aplikasi material yang digunakan pun harus tepat. Nah, sehingga jangan sampai sobat Rooang keliru untuk menentukan material apa yang harus diaplikasikan pada lantai carport. Berikut Rooang berikan pilihannya :

Batu Alam

Sumber : http://www.behac.com/
Sumber : http://www.behac.com/

Material yang paling sering diaplikasikan untuk lantai carport adalah batu alam, sob! Jenis yang biasa dipaksai adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Kesan natural dan alami, serta warnanya yang gelap berfungsi juga sebagai penyamar noda dan kotoran yang menempel pada mobil saat sedang berada di area carport. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rutin sobat, caranya adalah dengan melapisi permukaan batu alam dengan cairan coating!

Semen Plesteran

Semen plesteran adalah material yang paling sederhana dan paling banyak diaplikasikan sebagai lantai carport. cara pengerjaannya yang mudah, murah dan cepat menjadi favorit banyak orang!

Sumber : http://pantesgallery.com/
Sumber : http://pantesgallery.com/

Agar menjadi lebih berfungsi secara optimal,biasanya lantai semen plesteran ini didesain dengan memberikan garis-garis kecil sebagai parit kecil yang berfungsi untuk mengalirkan air pada saluran pembuangan di saat musim hujan.

Grass Block

Sumber : http://www.desainic.com/
Sumber : http://www.desainic.com/

Biasanya beton cetak yang ada di pasaran ada dua jenis, yang satu disebut dengan paving block dan yang lainnya disebut dengan grass block karena pada bagian tengahnya berongga dan bisa ditanamin dengan rumput sebagai salah satu solusi arsitektural untuk membuat bangunan yang ramah lingkungan. Sebab dengan adanya rumput pada bagian tengah, mampu berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air hujan untuk menjadi cadangan air tanah.

Koral Sikat

Material koral sikat memang favorit untuk diaplikasikan pada area outdoor. Dan cara pengerjaannya pun hampir sama dengan material semen plesteran tadi sobat! Hanya saja pada koral sikat, pada permukaannya ditaburi oleh batu koral lalu saat proses pemasangannya setengah kering permukaan tersebut disikat dengan sikat kawat agar teksturnya batu koralnya muncul!

Keramik

Sumber : http://pantesgallery.com/
Sumber : http://pantesgallery.com/

Jika sobat Rooang, sangat favorit untuk mengaplikasikan keramik pada bagian lantai. Lantai carport pun bisa untuk diberi material keramik, kok! Asalkan pemilihan keramiknya haruslah keramik dengan jenis permukaan yang kasar, agar permukaannya tidak licin jika terkena hujan dan malah bisa membahayakan sobat, pada saat ingin memarkir mobil di sana.

Terlepas dari material-material di atas, pemilihan material untuk lantai carport harus disesuaikan dengan konsep desain dari keseluruhan hunian ya, sobat!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX