Tips Membersihkan Alat Masak dengan Bahan Alami

2598-1099464-Tips_Merawat_dan_Membersihkan_Peralatan_dari_Stainless_Steel
http://www.sunlight.co.id/
Sumber : http://www.teevax.com/
Sumber : http://www.teevax.com/

Dapur yang bersih dan cantik pasti menjadi idaman para sobat Rooang kan. Kebersihan juga menjadi sesuatu yang harus sangat diperhatikan, sobat! Terutama kebersihan alat-alat masak yang sobat Rooang gunakan setiap hari untuk memasak. Kini tak perlu harga mahal untuk membuat peralatan masak di rumah sobat Rooang bersih. Gunakan bahan-bahan yang murah dan ada di sekitar sobat Rooang saja! Alami dan dijamin bersih, lho! Bahan-bahan apa saja ya?

Membersihkan Noda Minyak Membandel

Sumber : http://photos.hgtv.com/
Sumber : http://photos.hgtv.com/

Kitchen stove di rumah sobat pasti sering sekali terkena noda minyak atau cipratan bumbu yang sulit hilang pada saat proses memasak dilakukan. Noda minyak memang salah satu yang mengganggu kebersihan area dapur! Untuk itu jangan khawatir sobat, karena Rooang punya tips dan triknya untuk menghilangkan noda minyak membandel tersebut!

TEPUNG TERIGU

Sumber :http://blank-on.com/
Sumber :http://blank-on.com/

Noda minyak memang tidak bisa dilepaskan dari area dapur. Cipratannya pun bisa ditemukan di tepi kitchen stove, di kitchen backsplash bahkan di lantai dapur. Untuk membersihkannya cukup dengan menaburkan tepung terigu diatas noda minyak lalu lap denganmenggunakan lap bersih. Jika noda sudah mengering maka tambahkan sedikit baking soda dan air untuk mempercepat proses membersihkan noda minyak membandel tersebut.

[Baca juga : Membersihkan Dapur Dalam 15 Menit]

Menghilangkan Karat

Sumber : http://batam.tribunnews.com/
Sumber : http://batam.tribunnews.com/

Peralatan masak juga rentan dengan karat, sobat Rooang! Proses memasak yang selalu berkaitan dengan panas kompor juga akan mempercepat proses peralatan masak yang sebagian besar terbuat dari besi dan logam milik sobat Rooang menjadi berkarat. Nah, untuk mengatasi masalah berkarat tersebut, gunakan saja minyak zaitun, sobat!

MINYAK ZAITUN

Sumber : http://www.alodokter.com/
Sumber : http://www.alodokter.com/

Cara membersihkan karat menggunakan minyak zaitun sangatlah mudah! Campurkan minyak zaitun dengan cuka putih lalu masukkan pada botol spray dan semprotkan di peralatan masak yang berkarat lalu gosok menggunakan lap/kain bersih. Kemudian cuci peralatan masak tersebut hingga bersih dan diamkan hingga mengering.

Membuat Alat Masak Mengkilap

Peralatan dapur lama milik sobat Rooang sudah mulai kusam dan kurang mengkilap? Jangan sedih! Rooang siapkan tips dan triknya di bawah ini, agar peralatan masak kembali mengkilap seperti baru!

SAUS TOMAT

Sumber : http://www.lintasnews.com/
Sumber : http://www.lintasnews.com/

Siapa sangka jika saus tomat bisa digunakan untuk membuat peralatan dapur yang kusam menjadi mengkilap? Caranya cukup mudah kok, sobat Rooang! Caranya adalah dengan menuangkan saus tomat kepada setiap peralatan masak yang sudah kusam , basuh dengan lap bersih kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan. Dijamin peralatan masak sobat Rooang akan kembali mengkilap!

[Baca juga : Cara Membersihkan Perlengkapan Dapur Menjadi Super Mengkilap]

Mengurangi Noda Hitam di Wajan

Sumber : http://dapuronlinequ.blogspot.co.id/
Sumber : http://dapuronlinequ.blogspot.co.id/

Panci dan wajan milik sobat Rooang pasti banyak yang berubah dengan noda-noda hitam di bagian belakang akibat terkena percikan api kompor setiap hari. Bahan alami apa yang mudah dicari di sekitar kita untuk membantu membersihkan noda hitam di panci dan wajan kesayangan?

SABUN COLEK

Sumber : http://www.savynaturalista.com/
Sumber : http://www.savynaturalista.com/

Jawabannya adalah dengan menggunakan sabun colek, sobat Rooang! Cara penggunaannya adalah pada saat sebelum panci atau wajan digunakan oleskan sabun colek secara tipis-tipis ke atas permukaan bagian belakang panci atau wajan dan diamkan sejenak. Kemudian setelah beberapa lama, lapisan sabun colek tersebut akan membentuk sebuah lapisan yang berfungsi untuk melindungi bagian belakang panci dari percikan api kompor pada saat memasak. Sehingga noda hitam pada panci atau wajan sobat Rooang akan pelan-pelan menghilang.

Membersihkan Noda di Talenan Dengan Lemon

Sumber : http://www.bintang.com/
Sumber : http://www.bintang.com/

Talenan juga salah satu dari peralatan masak yang sering sobat Rooang gunakan. Kuman dan bakteri pun tidak bisa dihindarkan lagi untuk berkumpul pada saat sobat Rooang sedang memotong atau mengiris bahan-bahan masakan. Agar membuat supaya kuman dan bakteri tersebut pergi dan masakan yang sobat Rooang buat higienis. Caranya mudah! Potong lemon menjadi dua bagian lalu peras lemon tersebut ke atas permukaan talenan yang kotor (selesai digunakan) lalu gosok-gosok talenan dengan potongan lemon kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir.Tips ini bisa sobat Rooang gunakan untuk membersihkan talenan berbahan kayu dan plastik.

[Baca juga : Dapur Bersih Tanpa Bahan Kimia]

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX