Tips Memilih Gypsum Yang Benar

Jayabell
http://www.tokobajaringandanplafongypsumdibali.com/

Menggunakan gipsum di rumah tentu sudah lazim sobat Rooang lakukan. Berbagai merk gipsum pun membanjiri pasar. Dan dengan banyaknya berbagai macam merk gipsum, tentu sobat Rooang menjadi bingung untuk memilih yang mana. Tenang saja, sobat, Rooang punya tipsnya supaya tidak salah memilih gipsum. Apa saja, ya?

Tidak berongga

Sumber : http://www.galeriarsitektur.com/
Sumber : http://www.galeriarsitektur.com/

Salah satu tanda yang menjadi ciri bahwa gipsum yang sobat Rooang pilih berkualitas baik adalah gipsum tersebut tidak berongga. Maksudnya adalah tidak ada lubang-lubang kecil alias rongga di atas permukaan gipsum. Karena kondisi permukaan yang rata dan mulus tanpa rongga mempengaruhi kualitas material gipsum untuk bertahan lama dan kuat.

Bobot ringan

Sumber : http://saibot-blog.blogspot.co.id/
Sumber : http://saibot-blog.blogspot.co.id/

Gipsum yang baik idealnya memiliki bobot yang ringan. Dengan tebal papan gipsum sebesar 9 mm maka seharusnya hanya memiliki bobot maksimum 15 kg, karena akan sangat tidak dianjurkan kepada sobat Rooang untuk membeli gipsum yang memiliki bobot lebih dari standard yang seharusnya tersebut. Maksud bobot papan gipsum dibuat sangat ringan karena bertujuan untuk memberi kemudahan pada saat proses pemasangan dan instalasi di lapangan, apalagi jika papan gipsum tersebut digunakan sebagai langit-langit atau plafon di rumah sobat Rooang!

Permukaan rata

Skema ilustrasi pemasangan papan gipsum. Sumber : http://arkistudentscorner.blogspot.co.id/
Skema ilustrasi pemasangan papan gipsum. Sumber : http://arkistudentscorner.blogspot.co.id/

Gipsum yang baik dan berkualitas juga selalu memiliki permukaan yang rata, sobat Rooang! Permukaan rata yang dimaksud adalah setiap lembaran papan gipsum harus memiliki bidang permukaan yang rata, lurus dan tidak bergelombang. Supaya pada saat proses misalnya dalam posisi horizontal sebagai plafon atau langit-langit ruangan, tidak ada lendutan-lendutan pada lembaran papan gipsum tersebut. Namun, kelendutan memang wajar terjadi jika suatu bidang permukaan menghubungkan sebuah jarak tertentu. Dan jika, papan gipsum yang sobat Rooang pilih terjadi kelendutan, hendaknya lendutan tersebut tidak melebihi 2 mm per batang.

Kuat

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Tips memilih gipsum yang berkualitas baik yang paling harus sobat Rooang, perhatikan adalah kekuatan! Papan gipsum pilihan sobat, haruslah kuat, tidak mudah retak apalagi sampai patah pada saat lembaran papan gipsum tersebut terbentur benda-benda tumpul di sekelilingnya. Papan gipsum juga bisa sobat gunakan sebagai pelapis dinding atau partisi ruangan di rumah, lho!

Sudah siap untuk mulai menyeleksi produk gipsum yang berkualitas, sobat! Jangan lupa ikuti tips di atas ya, agar tidak salah pilih! Temukan tips dan inspirasi kece lainnya hanya di Rooang!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX