Tips Mengatasi Gangguan Rayap di Rumah

http://bacaterus.com/
Sumber : http://economy.okezone.com/
Sumber : http://economy.okezone.com/

Bagi sobat Rooang pecinta konsep interior serba kayu, sebaiknya berhati-hati dalam memilih jenis kayu yang akan diaplikasikan sebagai furnitur di rumah. Mengapa? Karena material kayu sangat rentan dengan gangguan rayap, sobat! Lalu bagaimana cara mengatasi gangguan rayap yang muncul di furnitur kayu kesayangan sobat! Tenang saja, Rooang akan berbagi tips dan triknya hanya untuk Anda!

Air Cucian Beras

Sumber : https://www.merdeka.com/
Sumber : https://www.merdeka.com/

Air cucian beras ternyata memiliki banyak manfaat positif bagi kehidupan kita, sobat! Selain bisa digunakan sebagai alat kecantikan. Air cucian beras ternyata bermanfaat juga untuk mengusir rayap dari furnitur kayu kesayangan, sobat Rooang! Caranya sangat mudah sobat! Cukup siramkan air cucian beras tersebut ke sekeliling ‘rumah’ atau ‘sarang’ rayap berada.

Air Kapur Sirih

Khasiat air kapur sirih sebagai pembasmi serangga memang sudah diragukan lagi, sobat. Begitu juga dengan rayap yang bisa sobat Rooang basmi menggunakan air kapur sirih berikut ini!

Sumber : http://www.wesehat.com/
Sumber : http://www.wesehat.com/

Caranya adalah dengan menyiramkan atau membasuh air kapur sirih ke semua ‘sarang-sarang’ rayap yang ada di seluruh rumah terutama di dekat furnitur atau perabot kayu. Maka tidak lama lagi, rayap-rayap tersebut akan pergi dan hilang karena tidak suka dengan si air kapur sirih yang bersifat panas di tubuh rayap. Sobat Rooang juga bisa memasukkan cairan air kapur sirih ke dalam botol semprot untuk lebih mempermudah pekerjaan sobat Rooang membasmi para rayap yang ada di rumah!

Air Tembakau

DIkenal sebagai bahan utama rokok, tembakau ternyata memiliki manfaat lain yang lebih positif! Air rendaman tembakau selama semalaman akan mampu mengusir atau membasmi rayap yang berkeliaran di rumah! Rendamlah tembakau secukupnya di sebuah wadah berisi air lalu diamkan selama satu malam. Setelah itu, siramkan air tembakau tersebut ke sarang rayap yang ada di rumah, sobat!

Garam

Sumber : http://www.bbc.co.uk/
Sumber : http://www.bbc.co.uk/

Bumbu dapur ini memang dikenal serba bisa, sobat! Bisa digunakan sebagai penyedap rasa masakan dan bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah-masalah seputar ‘home & living’. Salah satunya bisa digunakan untuk mengusir rayap! Taburkan garam di sarang rayap atau bisa juga sobat Rooang campurkan di air rendaman tembakau untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal!

Minyak Tanah

Sumber : https://www.reference.com/
Sumber : https://www.reference.com/

Hampir semua serangga takut terhadap minya tanah, tak terkecuali rayap. Caranya pun gampang sekali sobat, tinggal masukan minyak tanah ke dalam botol semprot dan langsung disemprotkan ke sarang-sarang rayap, maka rayap akan pergi berhamburan keluar dan tidak akan kembali lagi ke furnitur kayu kesayangan sobat!

Jemur Furnitur Kayu

Sumber : http://tabloidrumahidaman.blogspot.co.id/
Sumber : http://tabloidrumahidaman.blogspot.co.id/

Cara ini lebih tepatnya disebut sebagai cara pencegahan sobat! Karena cara ini sangat mudah sekali untuk dilakukan dan hanya tinggal membutuhkan kesabaran dan ketelatenan saja, kok! Awal mula rayap muncul pada furnitur kayu adalah karena tingkat kelembapan udara di furnitur kayu tinggi, sehingga untuk mengusir agar si rayap tersebut pergi, jemurlah furnitur-furnitur kayu kesayangan sobat di bawah sinar matahari secara rutin, minimal 3-6 bulan sekali!

Temukan tips-tips menarik dan inspiratif lainnya hanya di Rooang!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX