Tips Mengoptimalkan Tata Pencahayaan pada Hunian

saffron-led-bulb-product-photos-4
Sumber : https://www.cnet.com/

Sebuah hunian tentu tidak akan lengkap tanpa desain tata pencahayaan yang tepat. Fungsi dari sebuah tata pencahayaan adalah selain untuk membantu penglihatan kita pada saat beraktivitas di rumah pada saat malam hari, tata pencahayaan juga bisa berfungsi untuk menciptakan suatu kesan, ambiance atau suasana tertentu sesuai dengan keinginan para sobat Rooang.

Nah, Rooang akan berikan sedikit tips dan triknya, untuk membuat tata pencahayaan yang optimal pada hunian!

Tentukan dulu denahnya

Sumber : http://slyfelinos.com/
Sumber : http://slyfelinos.com/

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat tata pencahayaan yang baik dan optimal adalah membuat dulu denahnya! Denah yang dimaksud adalah denah tata pencahayaan (lighting floor plan). Denah ini sangat penting, sobat! Karena di dalam gambar rencana denah tata pencahayaan, sobat Rooang bisa menentukan suasana atau ambiance apa yang ingin ditampilkan di setiap ruangan (ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur), bagian atau spot mana saja yang ingin ditonjolkan pada setiap ruangan, dan tentunya dengan mempertimbangkan konsep interior, pemilihan material furnitur serta pemilihan warna dinding.

Pilihlah jenis lampu yang tepat

Sumber : https://www.cnet.com/
Sumber : https://www.cnet.com/

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh sobat Rooang adalah memilih jenis lampu yang tepat! Jangan main asal membeli sobat, hanya karena model lampu tersebut sedang tren! Karena bisa jadi sobat Rooang malah melakukan hal yang sia-sia. Jenis lampu yang dipilih haruslah diiringi pertimbangan tentang beberapa hal berikut ini:

  • besarnya watt
  • ambiance apa yang ingin diciptakan (jenis lampu hangat yang berwarna kuning atau jenis lampu dingin yang berwarna biru atau putih)
  • pilih lampu hemat energi
  • lampu akan menjadi vocal point atau sebagai pelengkap fungsional

Pastikan lampu berfungsi optimal

Pastikan tata pencahayaan yang sudah sobat Rooang rencanakan berfungsi dengan optimal! Misalnya pada area dapur yang membutuhkan tata pencahayaan yang optimal pada kitchen stove maka sobat harus meletakkan lampu di sana agar bermanfaat dan dapat sobat Rooang gunakan secara optimal.

Sumber : http://www.depotkitchen.com/
Sumber : http://www.depotkitchen.com/

Sedangkan untuk lampu pada ruang membaca, sobat Rooang harus menggunakan lampu yang berjenis ceiling downlight lamp atau lampu dinding yang memancarkan sinarnya ke arah bawah agar memudahkan untuk membaca.

Sumber : http://www.decoist.com/
Sumber : http://www.decoist.com/
Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Tentukan spot favorit untuk menjadi vocal point

Setiap hunian atau rumah pasti ada sebuah ruangan atau spot yang menjadi vocal point! Vocal point pun bisa dilihat dari berbagai aspek. Lampu atau tata pencahayaan juga bisa sobat Rooang jadikan vocal point pada hunian, lho!

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Biasanya jenis lampu yang dijadikan sebagai vocal point di sebuah ruangan adalah jenis lampu yang memiliki desain unik dan nyentrik seperti yang tersebut pada gambar!

 

 

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX