Ingin Merenovasi Kamar Mandi? Simak Hal Ini Dulu

vinyl-flooring-ideas-for-small-bathroom
Sumber: http://homemadeelectronica.com

Berencana merenovasi kamar mandi? Wah, pasti Sobat sudah membayangkan akan dibuat seperti apa kamar mandi barunya nanti, ya? Mungkin ingin yang lebih mewah, minimalis, agak klasik, atau natural? Semuanya terserah Sobat. Tapi ingat, ada hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum mulai merenovasi.

1. Biaya

Sumber: aneef.net
Sumber: aneef.net

Berapa biaya untuk merenovasi kamar mandi sangat tergantung pada material dan tukang yang Sobat gunakan. Pemilihan model wastafel, toilet, bak mandi, rak, ubin dinding, shower, kaca shower, dan pintu kamar mandi akan menentukan seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan. Gunakan jasa borongan, karena biasanya para pemborong bisa memberikan harga miring. Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui berapa harga semua kebutuhan tersebut, agar Sobat bisa nego semaksimal mungkin dengan pemborong.

2. Tata Letak

Sumber: http://ukskydivers.com
Sumber: http://ukskydivers.com

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam tata letak kamar mandi. Tapi, coba bayangkan hal ini: Sobat melewati kamar mandi yang pintunya terbuka. Kira-kira apa yang akan Sobat lihat? Sobat boleh melihat shower screen ataupun wastafel, tapi tidak untuk WC. WC harus diletakkan di sudut yang tidak terlihat mata saat Sobat melintasi kamar mandi. Benda ini sangat tidak estetis, sebersih dan sewangi apapun. Apalagi jika letak kamar mandi berhadapan dengan dapur atau ruang makan.

Untuk Sobat yang masih menggunakan kamar mandi basah dan toilet jongkok, pastikan bak air atau keran ada di sebelah kanan WC. Nggak lucu, kan, kalau Sobat kesulitan mengambil air karena baknya ada di sebelah kiri?

3. Boleh meninggalkan sebagian

Jika Sobat merasa bahwa ubin kamar mandi terlalu ribet untuk dibongkar, atau ubin tersebut masih cantik, Sobat boleh tidak membongkarnya. Meninggalkan sebagian memori dari kamar mandi lama, lalu memadukannya dengan dekorasi interior yang baru akan menciptakan perpaduan modern dan vintage yang manis.

Sumber: http://www.loversiq.com
Sumber: http://www.loversiq.com

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX