Kandang Ayam Cantik di Belakang Rumah

Sumber: Country Living

Sobat Rooang yang kebetulan memiliki halaman luas di belakang rumah, pernahkah terpikir untuk memelihara hewan ternak yang memiliki nilai jual misalnya ayam? Memelihara ayam di belakang rumah, tak hanya digunakan oleh para peternak ayam saja. Namun rumah pribadi pun juga tetap bisa dibangun sebuah kandang ayam di belakang halaman rumah, karena ayam tidak hanya sebagai hewan ternak namun juga bisa sebagai hewan peliharaan.

Jika Sobat ingin membuat kandang ayam, simak dulu inspirasinya berikut ini!

Sumber: Country Living
Sumber: Country Living

Tentukan Rencana

Sebelum memutuskan untuk membuat kandang ayam, ada baiknya Sobat memiliki rencana terlebih dahulu. Seperti luas kandang, dan bahkan jenis ayam yang akan dipelihara. Ada setidaknya 15 jenis ayam yang termasuk dalam kategori ayam hias. Ayam-ayam ini tidak diternakkan untuk diambil daging dan telurnya, melainkan sebagai hewan peliharaan kesayangan layaknya ikan atau pun burung.

Sumber: Country Living
Sumber: Country Living

Beri Keleluasaan pada Ayam

Jangan biarkan ayam-ayam hias Sobat hanya berdiam diri di dalam kandangnya, karena ini akan membuat ayam jatuh stres. Jadi dalam membangun kandang ayam, bagilah menjadi dua bagian, dengan satu bagian sebagai tempat ayam bisa leluasa bergerak. Biasakan mengeluarkan ayam-ayam dari kandangnya di pagi hari.

Sumber: Country Living
Sumber: Country Living

Jangan Terlalu Dekat dengan Rumah

Entah itu ayam ternak ataupun ayam hias, yang namanya ayam pasti memiliki kotoran dengan bau yang kurang sedap dan dibuang sembarangan. Untuk menyiasati hal itu, jangan bangun kandang ayam terlalu dekat dengan rumah, dan pastikan untuk membuat ruangan tersendiri agar ayam tidak lari kemana-mana dan mengotori halaman belakang rumah Sobat. Keluarkan sesekali, agar ayam tidak stres, namun tetap perlu siaga jika sewaktu-waktu ayam mengeluarkan kotorannya dimana-mana.

Sumber: Country Living
Sumber: Country Living

Hias Semenarik Mungkin

Memang ayam memiliki banyak keuntungan saat kita memeliharanya. Mulai dari telur hingga daging. Namun jangan lupa untuk membuat sebuah kandang ayam yang menarik seperti misalnya mengecat dengan warna atraktif dan cerah, serta memberikan aksesoris seperti bunga-bunga dan tanaman hias lainnya.

Sumber: Country Living
Sumber: Country Living

Sobat tertarik untuk membuat kandang ayam namun masih bingung menentukan desain yang cocok? Jangan khawatir, para profesional di Rooang siap membantu Sobat.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX