Potret Prestasi Para Arsitek Perempuan Indonesia

Bersama suami tercinta. Sumber : http://rula.co.id/

Sobat Rooang mungkin sudah tidak asing lagi dengan para perempuan yang menjalankan profesi sebagai seorang arsitek. Mungkin di jaman sepuluh sampai dua puluh tahun yang lalu, agak tabu untuk melihat perempuan sebagai seorang arsitek, namun di jaman kekinian seperti sekarang ini, perempuan juga tidak kalah tangguh dan hebatnya seperti seorang laki-laki.

Berhubung masih dalam Happy International Women’s Day, jika dalam artikel sebelumnya Rooang sudah membahas arsitek perempuan hebat dari luar negeri, sekarang Rooang akan membahas tentang potret prestasi para arsitek perempuan hebat asal Indonesia! Sudah tidak sabar untuk membacanya sobat? Yuk disimak!

Daliana Suryawinata

Mungkin bagi sebagian sobat Rooang, nama Daliana Suryawinata terdengar asing di telinga. Namun, bagi sobat Rooang yang berkecimpung di dunia arsitektur nama seorang Daliana Suryawinata pasti sudah sangat familiar di telinga. Daliana Suryawinata adalah seorang perempuan yang berkecimpung di dunia arsitektur setelah menyelesaikan kuliah doktoralnya di Universitas Delft-Belanda. Daliana Suryawinata berhasil mendapatkan nilai terbaik berkat thesisnya yang berjudul “Jakarta Superkampung 2045” yang membawa misi serta konsep untuk mengubah Jakarta agar bisa setara teratur dan rapi layaknya Singapura. Namun, tetap saja Jakarta harus mempertahankan karakteristik atau ciri khas dari bentuk ‘kampung’ itu sendiri, agar identitas bangsa Indonesia tidak hilang!

Bersama suami tercinta. Sumber : http://rula.co.id/
Bersama suami tercinta. Sumber : http://rula.co.id/

Di Belanda juga Daliana bertemu dengan sang suami hingga menikah dengan seorang arsitek Jerman, bernama Florian Heinzelmann. Lalu di tahun 2009 mereka mendirikan SHAU (Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism) di Rotterdam-Belanda, Munich-Jerman, dan Bandung-Indonesia. Melalui SHAU (Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism) Consultant, Daliana lebih bebas menggali potensi dan ide-ide kreatif membangun kampung-kampung di seluruh dunia. Karena dari segi kemampuan, bisa dibilang mereka berdua saling melengkapi. Satu dari sisi ekologis dan arsitektur yang organik dan lainnya lebih fokus ke sosial dan desain urban, kombinasi keduanya mampu menghasilkan karya arsitektur yang menawan.

Setelah itu, Daliana Suryawinata pun bergabung dengan sebuah konsultan arsitektur ternama yaitu SHAU Consultant. Dan berkat kejeniusannya SHAU Consultant meraih berbagai prestasi membanggakan baik di kancah nasional maupun internasional. Dan yang harus sobat Rooang, ketahui juga Daliana Suryawinata juga telah mengeluarkan lebih dari 20 judul buku yang tersebar di Indonesia dan juga mancanegara, sobat!

Avianti Armand

Sumber : https://tropicalityrevisited.wordpress.com/

Avianti Armand berprofesi sebagai arsitek dan penulis. Setelah lulus dari Universitas Indonesia, beliau mengawali karir arsitekturnya di Grahacipta Hadiprana, dan pernah bekerja untuk Andra Matin hingga tahun 2009. Dan di tahun yang sama beliau mendirikan studionya sendiri, yaitu Avianti Armand Studio. Selain itu Avianti Armand juga menjadi Designer Partner untuk PT. Urban Corporatama. Semenjak itu, Avianti Armand makin aktif menulis dan menerbitkan puisi, esai, dan cerita pendek. Avianti sempat beberapa kali berperan sebagai kurator dalam berbagai tulisan seputar arsitektur, diantaranya; “Ruang Tinggal Dalam Kota” (2010), “Pameran Nasional Arsitek Muda Indonesia” (2010), dan “Andramatin: A Sequel” (2012). Kemudian, Avianti menerbitkan kumpulan tulisan kritik arsitekturnya yang berjudul “Arsitektur yang Lain”. Pada tahun 2013, beliau bekerja sebagai kurator untuk Paviliun Indonesia di ajang Pameran Arsitektur Internasional ke-14 di Venezia tahun 2014 dan ditunjuk sebagai Ketua Komisi Desain, Paviliun, dan Stan dalam kepanitiaan kesertaan Indonesia sebagai Guest of Honor di Frankfurt Book Fair 2015. Dan sekarang, Avianti Armand beserta Imelda Akmal dan para penggiat dunia arsitektur sedang mengerjakan proyek baru yaitu merilis sebuah publikasi online bernama arsitekturindonesia.org , yang bertujuan untuk merekam segala bentuk perjalanan karya-karya arsitektur anak bangsa Indonesia agar menjadi warisa yang berharga bagi generasi penerus.

Imelda Akmal

Sumber : https://www.pressreader.com/
Sumber : https://www.pressreader.com/

Sobat Rooang, tahu tentang Imajibooks? Salah satu publikasi terkenal yang sering dijadikan acuan para desainer interior dan arsitek di Indonesia? Karya tersebut lahir dari tangan dingin seorang Imelda Akmal. Imelda Akmal sedikit berbeda dengan arsitek perempuan yang lainnya, sobat! Karena beliau terjun di bidang yang mengkolaborasikan dunia arsitektur dengan bisnis publikasi arsitektur. Jika sobat Rooang, jeli mengamati karya-karya publikasi dari Imajibooks, maka sobat Rooang akan menyadari bahwa Imelda Akmal tidak hanya menonjolkan karya-karya yang terkesan hanya milik pribadinya, tetapi juga hasil kontribusi dari berbagai arsitek yang tidak hanya sudah memiliki reputasi, tetapi juga untuk arsitek muda yang memiliki karya yang patut dibanggakan, sob!

Sangat membanggakan sekali ya sobat, prestasi para arsitek-arsitek perempuan Indonesia ini! Apakah sobat Rooang juga ingin seperti mereka?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX