Tips Kreatif Supaya Rajin Membersihkan Rumah

window-cleaning
Sumber: carvalhoscleaning.com
Share this:

Sobat Rooang pasti ingin rumah selalu bersih dan rapi agar lebih sedap dipandang kan? Tapi tak jarang Sobat bingung harus memulai dari mana. Khususnya untuk Sobat yang bukan seorang perfeksionis penyuka kebersihan, pasti membersihkan rumah adalah momok tersendiri dan males banget melakukannya. Apalagi kalau nggak ada jadwal khusus yang terorganisir. Rooang akan memberikan tips mengatur jadwal untuk membersihkan rumah, khusus untuk Sobat Rooang yang suka bingung untuk memulai.

Rooang akan memberikan tips, mengatur jadwal mulai dari harian, mingguan, bulanan bahkan musiman. Jadi Sobat nggak akan bingung lagi. Ya kalau Sobat dari lahir sudah menyukai kebersihan, nggak perlu pakai jadwal semua akan beres pada akhirnya. Tapi kalau Sobat bahkan untuk sekedar melipat baju aja malas, tips ini wajib banget diterapkan.

Everyday

Sobat perlu melakukan hal ini setiap hari, karena memang Sobat sering memakai tempat ini dalam keseharian Sobat. Nggak perlu membersihkan dengan cara yang rumit, karena toh nantinya akan digunakan lagi. Intinya Sobat harus membuatnya tetap rapi dan kembalikan barang ke tempatnya semula.

  • Bersihkan meja kerja
  • Sikat bak cuci piring
  • Sapu lantai ruangan
  • Buang sampah menumpuk
Sumber: rainbowcleaningservice.wordpress.com
Sumber: rainbowcleaningservice.wordpress.com

Once A Week

Hal yang perlu Sobat lakukan tiap minggu sekali nih, saat weekend. Agak banyak sih yang perlu dilakukan, tapi tetap dengan batasan wajar dan simpel. Sobat nggak akan kecapekan kok melakukan hal-hal ini karena hanya dilakukan seminggu sekali.

  • Bersihkan perabotan yang terlihat berdebu
  • Gosok lantai kamar mandi, toilet, shower dan wastafel
  • Bersihkan kaca
  • Ganti seprai kasur
  • Mengepel lantai
Sumber: ayelife.com
Sumber: ayelife.com

Once A Month

Nah, karena dilakukan setiap bulan sekali, banyak yang akan dilakukan nih Sobat. Lakukanlah di akhir pekan saat Sobat benar-benar nggak ada kerjaan di rumah. Pasang musik favorit, dan siap bekerja.

  • Bersihkan microwave
  • Bersihkan dapur keseluruhan
  • Bersihkan kebun
  • Tata ruangan dengan gaya berbeda
Sumber: 12thandwave.com
Sumber: 12thandwave.com

Once A Season

Sobat bisa melakukan kegiatan bersih-bersih ini setiap enam bulan sekali, tapi jangan setahun sekali yah. Karena jangan menunggu waktu lama untuk membersihkan seluruh ruangan di rumah. Sobat bisa melakukan kegiatan ini saat libur panjang atau libur di sela-sela setelah hari raya.

  • Bersihkan dapur dari produk yang kadaluwarsa
  • Cuci seluruh gorden di rumah
  • Cuci seluruh bantal dan selimut
  • Bersihkan jendela
  • Geser lemari ke sudut lain agar lebih berwarna
Sumber: carvalhoscleaning.com
Sumber: carvalhoscleaning.com

Sobat bisa membuat agenda pribadi khusus kegiatan ini, bahkan Sobat bisa menempelkannya ke tembok kamar Sobat. Jadi setiap saat Sobat masuk kamar, Sobat akan mengingat kegiatan Sobat. Cara ini sangat cocok diterapkan buat Sobat yang kadang suka males membersihkan rumah atau kamar sendiri. Kegiatan yang lain bisa Sobat sesuaikan dengan kondisi Sobat ya. Misalnya Sobat anak kos, otomatis agenda akan berbeda. Tinggal diatur sendiri aja.

Sumber: notonthehighstreet.com
Sumber: notonthehighstreet.com

Gimana Sobat Rooang? Menarik bukan? Jangan lupa simak tips dan trik lainnya dari Rooang ya Sobat. Yang pasti sangat informatif untuk Sobat.

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX