Trik Mengecat Tembok Rumah dengan Masking Tape

tape_wall-decor-4
http://www.designrulz.com/

Mendekorasi tembok atau dinding adalah pekerjaan mendesain yang tergolong gampang-gampang susah sobat! Ada kalanya dengan memberikan warna terang langsung membuat tembok di rumah menjadi keren. Namun, yang sering terjadi sudah memberikan warna dan pajangan dinding yang menarik tapi tembok rumah tetap tampil biasa dan monoton!

Sumber : https://www.livingloving.net/
Sumber : https://www.livingloving.net/

Kalau begitu sobat Rooang wajib mencoba tips dan trik inspiratif berikut ini! Coba sobat Rooang mengecat tembok rumah dengan teknik masking tape! Kok terdengar susah dan rumit ya? Tidak rumit kok, sobat! Teknik ini sangat simpel dan gampang diaplikasikan di rumah. Penasaran seperti apa tekniknya? Yuk disimak!

Motif dinding seperti gambar di atas ini bisa sobat Rooang dapatkan tidak hanya melalui selembar wallpaper saja kok! Tapi sobat Rooang bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan teknik mengecat ala masking tape. Trik mengecat ini sangatlah simpel dan mudah, sobat Rooang hanya tinggal menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Kuas/Roller cat
  • Cat dinding
  • Masking tape/Lakban
  • Koran
  • Amplas
  • Alat dempul
  • Spons
  • Air

Langkah :

  1. Setelah semua bahan-bahan di atas siap, sobat Rooang memulai teknik mengecat dengan membersihkan terlebih dahulu tembok rumah dari retak dan kuman dengan spons yang sedikit dengan air agar bersih maksimal!
  2. Jika sobat ingin menggunakan warna putih sebagai warna dasar pada dinding maka sobat terlebih harus mengamplas tembok untuk membuang warna cat yang sebelumnya.
  3. Jika terdapat retakan di tembok, maka sobat bisa menghaluskannya dengan alat dempul terlebih dulu ya.
  4. Kemudian setelah dinding bersih, mulailah dengan mengaduk cat dinding favorit sobat selama kurang lebih 5 menit agar warna yang dihasilkan lebih maksimal, lalu campurkan cat tersebut dengan tambahan 10% air dari total jumlah cat yang akan digunakan.
  5. Setelah tembok rumah siap untuk dicat dengan teknik masking tape. Jangan lupa untuk menutup bagian-bagian di sekitar tembok seperti gagang pintu, list jendela, list plafon sampai lantai dengan koran agar cat tidak tercecer.
  6. Kemudian siapkan lakban atau masking tape untuk ditempel di tembok rumah dengan teknik zig-zag, garis-garis horizontal atau garis-garis vertikal. Pilih sesuai dengan kesukaan sobat Rooang! Dengan teknik masking tape, motif yang akan dihadirkan memang berbentuk geometris sobat. Namun, jika sobat sudah mahir bentuk-bentuk lengkung atau abstrak juga bisa dibuat kok, asalkan tahu trik mengecatnya!
  7. Mulailah mengecat bagian tembok yang tidak ditutup dengan lakban atau masking tape lalu tunggu sampai benar-benar kering kemudian lepas lakban atau masking tape. Jika sobat ingin mengaplikasikan warna yang kontras maka garis-garis yang terbentuk akibat masking tape tersebutlah yang bisa sobat Rooang beri warna lain.
  8. Dan seperti ini hasilnya jika sudah jadi, sobat!
Sumber : http://www.grya.co.id/
Sumber : http://www.grya.co.id/
Sumber : http://www.urbanloka.com/
Sumber : http://www.urbanloka.com/

Selamat mencoba sobat!

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX