Zaha Hadid : Arsitek Perempuan Tangguh yang Menginspirasi

Zaha_HadidValerie_Bennett_2002_
http://conversations.aaschool.ac.uk/

Hari ini tepat di tanggal 8 Maret, serentak diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia, sobat! Atau dalam bahasa kerennya International Women’s Day! Nah, pas sekali dengan artikel Rooang kali ini, sobat! Karena Rooang akan membahas tentang salah satu arsitek perempuan terkenal, tangguh dan yang pasti menginspirasi yaitu Zaha Hadid. Ingin tahu seperti apa sepak terjang beliau di dunia arsitektur? Berikut kisahnya :

Profile

Sumber : http://nymag.com/
Sumber : http://nymag.com/

Perempuan hebat ini bernama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid, lahir pada tanggal 31 Oktober 1950 di Baghdad-Iraq. Beliau adalah perempuan berkebangsaan Iraq namun mempunyai darah keturunan Inggris. Zaha Hadid adalah arsitek perempuan pertama yang mendapat piagam penghargaan Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architects pada tahun 2015.

Karakteristik

Zaha Hadid dikenal sebagai arsitek perempuan yang mengekspresikan jiwa feminisme ke dalam wujud nyata bangunan-bangunan yang dirancangnya. Hampir semua gaya bangunan yang dirancang berbentuk kurva atau lengkung yang jika dianalogikan seperti manusia, bangunan tersebut berjiwa lembut dan feminim. Namun, tetap saja dalam setiap gedung rancangannya penggunaan material beton yang kokoh menjadi favorit dari Zaha Hadid.

Bahkan Zaha Hadid sampai dijuluki sebagai “Queen of The Curve” karena karakteristik setiap gedung rancangannya yang selalu bergelombang dan berbentuk lengkung.

Karya

London Aquatics Centre (2008-2011)

Sumber : http://www.e-architect.co.uk/
Sumber : http://www.e-architect.co.uk/

Salah satu mahakarya dari Zaha Hadid adalah London Aquatics Centre ini sobat Rooang! Gedung ini dibangun dalam rangka menyambut pesta olahraga terbesar di dunia yaitu Olimpiade London 2012. Karena ditujukan sebagai gedung pusat pertandingan olahraga air, maka Zaha Hadid membuat desain gedung yang lengkung sesuai dengan bentuk arah gelombang air.

Heydar Aliyev Center (2007-2013)

Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/

Salah satu karya terbaru dari Zaha Hadid sebelum beliau meninggal di usia 65 tahun pada tanggal 31 Maret 2016 yang lalu adalah Heydar Aliyev Center yang berlokasi di Baku, Azerbaijan. Gedung cantik ini merupakan gedung atau tempat pertunjukan seni dan sejarah yang dibagi menjadi tiga lantai. Zaha Hadid menganalogikan bangunan ini sebagai sebuah benda asing yang tertutup kemudian terbuka setelah diterjang oleh gelombang air laut yang ada di sekitarnya. Sehingga bentuk lengkung kembali dihadirkan oleh beliau, sobat!

Galaxy SOHO Beijing (2008-2012)

Gedung megah mahakarya Zaha Hadid yang berikutnya adalah Galaxy SOHO yang ada di Beijing. Gedung ini adalah mix-used building sobat! Di dalam gedung ini ada pusat perbelanjaan, kantor hingga public space area. Gedung ini dirancang dengan konsep kluster yaitu satu kawasan gedung terdiri atas beberapa tower bangunan sesuai dengan fungsinya.

Sumber : http://www.huftonandcrow.com/
Sumber : http://www.huftonandcrow.com/

Bentuk gedung yang mirip dengan kapsul ini, dianalogikan sebagai proses sirkulasi perputaran manusia yang berjalan terus-menerus dalam sebuah gedung pusat perbelanjaan. Sehingga Zaha Hadid pun mendesain gedung ini dengan bentuk lengkung ala kapsul.

Bagaimana dengan para arsitek perempuan dari Indonesia? Simak dalam artikel berikutnya sobat Rooang!

 

 

 

 

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX