Ciptakan Dapur Industrialis dengan Countertop dari Beton

Sumber: Pinterest

Countertop adalah salah satu tempat yang dinilai penting di dapur, karena di atas countertop inilah rata-rata seluruh kegiatan di dapur dilakukan. Jika kebanyakan countertop terbuat dari marmer, maka tak ada salahnya untuk mengetahui material lain sebagai bahan pembuat countertop.

[Baca juga: Material Countertop Dapur Selain Marmer yang Tak Kalah Cantik ]

Salah satu materialnya adalah dari beton. Beton yang digunakan adalah beton model pracetak, yang merupakan jenis beton yang bisa dicetak sesuai dengan keinginan. Desainer dan pengrajin yang telah membuktikan teknik ini adalah Jayme Guokas, yang membuat beton pracetak untuk countertop, sesuai dengan permintaan para pelanggannya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah countertop dari beton pracetak ini tidaklah singkat. Semuanya butuh waktu sebulan penuh, mulai dari awal desain hingga benar-benar jadi.

Pembuatan tak sederhana

Sumber: http://diy.sndimg.com
Sumber: http://diy.sndimg.com

Cara membuatnya pun tidak bisa dibilang sederhana. Pertama-tama, Guokas akan menggambar desain sesuai keinginan pelanggan, kemudian mewujudkannya menggunakan rangka dari tripleks. Bagian bawah dari cetakan akan menjadi bagian atas countertop, dan para aksesoris serta aksen yang mempercantik tampilan countertop pun ditanam masuk ke dalam cetakan saat semen masih belum mengeras.

Sumber: kompas.com
Sumber: kompas.com

Setelah semen dituang, beton harus didiamkan selama dua minggu. Setelah sudah cukup kuat, Guokas kemudian mulai proses pemolesan. Kemudian, beton yang sudah dibentuk tersebut disatukan dengan dempul silikon. Guokas juga memastikan dirinya membubuhkan dua lapis sealant yang aman terhadap makanan agar air tidak bisa masuk ke dalam countertop.

Sumber: kompas.com
Sumber: kompas.com

Walaupun rumit, countertop dari beton ini dinilai unik. Karena pembuatannya benar-benar dari awal, serta Guokas dapat menanam atau mebubuhkan berbagai aksen seperti keramik, besi atau apapun yang diinginkan pelanggannya.

Sobat juga tertarik? Simak inspirasi concrete countertop berikut.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Sumber: hgtv.com
Sumber: hgtv.com
Sumber: http://www.concretecountertopinstitute.com
Sumber: http://www.concretecountertopinstitute.com

Ide desain countertop ini cocok diterapkan ke dalam dapur yang didekorasi dengan nuansa industrialis, yang terkesan lebih maskulin dengan berbagai aksen berwarna hitam. Apakah Sobat juga tertarik untuk membuat countertop dari beton pracetak ini? Percayakan desain ruangan Sobat kepada para profesional di Rooang.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX