Lantai Terrazzo, Tren Lama yang Kembali Eksis

Sumber: http://www.polishedconcretemelbourne.com.au

Lantai menjadi tempat berpijak setiap hari, sehingga memilih material yang sesuai dan tahan lama untuk melapisi lantai rumah adalah sebuah keharusan. Salah satu material yang bisa dipilih adalah dari terrazzo. Lantai terrazzo atau dikenal oleh banyak orang dengan lantai teraso adalah salah satu jenis pelapis lantai yang merupakan percampuran antara tegel, semen, pasir dan pecahan marmer. Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap yang tampak mewah.

Lalu seperti apa penjelasan tentang lantai terrazzo? Simak yuk!

Sumber: http://www.apartmenttherapy.com
Sumber: http://www.apartmenttherapy.com

Lantai terrazzo banyak digunakan di hotel, villa, rumah mewah dan rumah peninggalan Belanda. Terrazzo dibuat menggunakan bahan dasar yang menyerupai tegel yang terdiri dari campuran semen, pecahan marmer dan pasir. Terrazzo yang dijual di pasaran terdiri atas dua jenis, terrazzo dengan permukaan yang kasar dan permukaan mengkilap.

Terrazzo dengan permukaan kasar tidak membutuhkan proses pemolesan. Terrazzo dengan jenis ini biasanya diaplikasikan pada eksterior bangunan karena teksturnya akan lebih menonjol akibat sinar matahari dan dapat mencegah resiko terpeleset.

Terrazzo dengan permukaan mengkilap harus dipoles setelah pemasangan selesai. Pemolesan dilakukan dengan menggunakan alat khusus sehingga permukaannya akan menjadi rata, halus, dan mengkilap.

Sumber: http://flat15.com
Sumber: http://flat15.com

Dibandingkan dengan lantai keramik biasa, pemasangan lantai terrazzo terbilang lebih rumit dan harus mengalami pemolesan kembali. Hal tersebut lah yang sering membuat orang enggan menggunakannya. Namun di balik kerumitannya tersebut, lantai terrazzo memiliki kelebihan seperti memiliki corak yang lebih bervariasi.

Kekuatan lantai terrazzo juga sudah terbukti, Sobat bisa lihat rumah-rumah tua yang berumur 50 tahun lebih menggunakannya dan masih terpasang dengan kokoh. Akibat kekuatannya ini, lantai terrazzo sering digunakan di pabrik-pabrik yang memiliki mesin berat.

Karya Shiro Kuramata. Sumber: Apartment Therapy
Karya Shiro Kuramata. Sumber: Apartment Therapy

Saat ini lantai terazzo kembali menjadi tren, seiring dengan banyaknya desainer yang membuat sebuah terrazzo dengan motif yang unik dan lucu, seperti misalnya karya Shiro Kuramata yang ditampilkan dalam¬†Ettore Sottsass’s Memphis.

Meski pemasangannya cukup rumit, perawatan lantai terrazzo terbilang cukup mudah. Cukup menyapu dan mengepelnya dengan rutin. Untuk mengepel, gunakan campuran air hangat dan deterjen. Setelah itu segera keringkan menggunakan kain lap.

Sumber: http://www.polishedconcretemelbourne.com.au
Sumber: http://www.polishedconcretemelbourne.com.au

Setelah membaca sedikit penjelasan mengenai lantai terrazzo, apakah Sobat tertarik untuk menggunakan lantai terrazzo?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX