Mempercantik Tampilan Dinding Semen Ekspos Supaya Lebih Menarik

Sumber: home-designing.com

Memiliki sebuah dinding dari semen yang terekspos adalah salah satu cara yang dilakukan bagi Sobat yang menyukai desain rumah ala industrialis. Gaya industrial ini banyak ditampilkan dengan mengekspos jaringan utilitas di area plafon, penggunaan material metal/besi dan kayu, serta dinding dan lantai yang dibiarkan polos dengan plester semen tanpa dicat ataupun ditutup keramik.

Agar semen ekspos tampil lebih menarik dan indah, ada cara yang perlu Sobat lakukan.

Teknik Finishing

Sumber: http://www.architectureartdesigns.com
Sumber: http://www.architectureartdesigns.com

Ada tiga teknik finishing yang dapat Sobat gunakan yaitu engineering seamless concrete, concrete faux techniques, dan techniques polished concrete. Teknik yang terakhir (polished concrete) adalah teknik unfinished yang paling terkenal. Karena membuat tektur dan warna tampak lembut, halus dan mudah dikombinasikan dengan gaya interior lainnya. Teknik-teknik ini penting untuk diterapkan ke dalam sebuah tampilan dinding ekspos agar makin menarik.

Dekorasi

Sumber: http://www.architectureartdesigns.com
Sumber: http://www.architectureartdesigns.com

Material unfinished pada sebuah dinding semen ekspos akan terlihat menarik jika dipadukan dengan warna dan elemen tertentu. Misalnya warna, karena warna dari material finishing ini berwarna abu-abu, maka padukan dengan warna-warna cerah seperti kuning atau merah pada elemen interior yang lain seperti cermin, frame foto, armatur lampu atau bahkan finishing furnitur. Namun, usahakan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar dalam konsep gaya industrial yaitu abu-abu (semen), hitam (besi), dan cokelat (kayu) tetap mendominasi dalam ruangan.

Perlindungan Maksimal

Sumber: home-designing.com
Sumber: home-designing.com

Supaya lebih tahan lama terhadap kelembaban dan cuaca ekstrem, hendaknya dinding semen ekspos juga dilapisi dengan coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accent wall pada satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

Nah bagaimana Sobat? Sudah siapkah untuk membuat sebuah dinding semen ekspos di rumah menjadi lebih menarik dan tahan lama? Jangan lupa simak tips lainnya dari Rooang.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX