Microlibrary Bandung Ini, Jadi Juara Ajang Arsitektur Dunia

http://www.businessinsider.com/

Arsitektur memang berarti luas. Tidak hanya sekedar soal bagaimana mendesain rumah tinggal atau kamar impian, namun arsitektur bisa menjawab kebutuhan yang lebih dari itu. Seperti yang dilakukan oleh biro konsultan arsitek muda Bandung berikut! Mereka berhasil membuktikan kemampuan ber-arsitektur yang cantik dan menawan itu tidak harus mewah namun bisa juga didapatkan dengan sederhana. Simak kisah inspiratifnya bersama Rooang, berikut!

Microlibrary, Bandung

Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/

Indonesia kembali menorehkan prestasi dalam bidang arsitektur, sobat. Indonesia menang dalam public vote dan jury award di Architizer A+ Awards. Dan yang berhasil membawa penghargaan membanggakan ini adalah sebuah konsultan arsitek asal Bandung yaitu SHAU Architect, sobat. SHAU Architect menunjukkan kemahiran desainnya lewat mendesain dan membangun sebuah perpustakaan di salah satu kelurahan yang ada di Bandung yaitu tepatnya ada di daerah Taman Bima. SHAU Architect berhasil membawa nama Indonesia memenangkan kategori untuk Arsitektur Komunitas.

Dikutip melalui akun Facebook milik SHAU Architect pada tanggal 11 April 2017 yang lalu, SHAU menyatakan kegembiraan serta rasa bangganya karena bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia dan untuk SHAU architect sendiri. SHAU menyatakan bahwa penghargaan ini adalah buah kerja keras dari semua pihak yang ikut terlibat dalam proses desain dan pembangunan Microlibrary.

Perpustakaan bernama Microlibrary ini berlokasi di Jalan Taman Bima, Bandung. Dan lokasi perpustakaan unik ini berdekatan dengan salah satu bandara yang ada di Bandung. Selain itu, Perpustakaan Taman Bima ini merupakan prototipe pertama dari serangkaian perpustakaan kecil yang akan dibangun di Indonesia dalam lokasi yang berbeda-beda, sobat. Hal itu dikarenakan oleh misi pembangunan yang dibuat oleh SHAU Architect sendiri yang bertujuan untuk menghidupkan kembali ketertarikan generasi muda giat membaca buku, sehingga sobat Rooang patut untuk mengacungkan jempol untuk misi yang mulia ini! Selain karena alasan untuk meningkatkan minat baca para generasi muda, misi pembangunan perpustakaan ini juga untuk mengatasi dan mengurangi buta huruf yang masih ada di Indonesia. Buta huruf bisa  disebabkan oleh faktor putus sekolah. Sehingga Microlibrary juga menyediakan tempat belajar serta kursus-kursus dan juga media lainya untuk menunjang keberhasilan program mengurangi butah huruf ini, sobat! Inspiratif bukan!

Detail proyek :

  • Architect Consultant : SHAU Bandung

  • Lokasi : Jl. Bima, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia

  • Klien : Dompet Dhuafa, City of Bandung

  • Luas Area : 160.0 sqm
  • Biaya Konstruksi : 35.000 Euro

  • Supported by : Dompet Dhuafa, Urbane Community , Indonesian Diaspora Foundation

Interior

Sumber : http://www.archdaily.com/
Fasad terbuat dari sekitar 2.000 buah ember es krim. Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.curbed.com/
Sumber : http://www.curbed.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/
Sumber : http://www.archdaily.com/

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX