Tips Memilih Batu Bata yang Tepat untuk Rumah

Sumber: batamerahputih.files.wordpress.com

Batu bata adalah bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat/lempung yang dibentuk sedemikian rupa lalu dibakar. Pada umumnya, material ini digunakan untuk membentuk struktur dinding suatu bangunan.

Tahukah Sobat, mutu dari suatu dinding bangunan dipengaruhi oleh bahan baku dan teknik pembuatannya. Semakin bagus kualitas batu bata merah yang dipakai untuk mendirikan dinding, semakin kokoh pula struktur dinding bangunan tersebut. Oleh karena itu, pengetahuan tentang kiat-kiat pemilihannya akan membantu Sobat dalam mendapatkan bahan bangunan yang tepat.

Sebelum Sobat memutuskan untuk membeli batu bata untuk membangun rumah, ada baiknya Sobat menyimak artikel ini sampai selesai.

Jenis batu bata

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Di antara beberapa jenis batu bata yang tersedia di pasaran, batu bata tanah liat adalah jenis yang paling sering digunakan. Berasal dari tanah liat yang dibuat melalui proses pembakaran, jenis batu bata tanah liat terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni bata merah dan bata muka.

Bata merah memiliki warna yang tidak selalu seragam namun biasanya berwarna merah kecokelatan. Teksturnya sedikit kasar dan tidak rapi serta tingkat kekerasannya yang cenderung tidak sama. Jenis bata ini sering digunakan untuk membuat dinding atau tembok yang kemudian diberi pelapis atau plesteran lagi.

[Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Bata dan Penggantinya ]

Berbeda dengan bata merah, bata muka memiliki tekstur yang licin dan halus. Warnanya cenderung sama, yakni cokelat kemerahan. Bata jenis ini biasa digunakan untuk membuat dinding ekspos atau elemen penghias interior yang sengaja menampilkan warna dan tekstur bata tersebut. Oleh sebab itu, batu bata ini populer disebut bata imitasi.

Tips memilih batu bata yang baik

  1. Dianjurkan untuk membeli batu bata di toko bangunan yang reputasinya sudah baik. Kebanyakan apabila mutu genteng dari toko bangunan tersebut bagus, maka kemungkinan besar batu bata buatannya bagus pula.
  2. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terhadap batu bata yang kita gunakan. Apabila jumlahnya ada ribuan, Sobat bisa memeriksa batu bata tersebut secara acak.
  3. Pada saat Sobat terlanjur memasang batu bata yang ternyata memiliki kualitas di bawah rata-rata, jangan panik. Sobat tetap bisa menjaga tingkat kekuatan dinding yang ideal melalui pemakaian adukan beton berstandar tinggi, memasang besi tulangan yang kuat, serta mengerjakannya dengan metode yang tepat.
  4. Ketika sedang memilih batu bata di suatu toko bangunan, perhatikan kondisinya. Bila terlihat ada banyak batu bata yang pecah dan berserakan di lantai, jangan pernah membelinya karena sudah pasti mutunya kurang baik.
  5. Tingkat kekuatan batu bata bisa diketahui dengan cara mengetukkan potongan besi pada batu bata tersebut. Kalau terdengar suara nyaring artinya batu bata ini mempunyai daya dukung yang dapat diandalkan.
  6. Pengecekan terhadap mutu batu bata merah juga dapat dilakukan dengan membelahnya menjadi dua bagian. Batu bata yang bagus ditandai dari warnanya yang merah secara merata.
  7. Metode lainnya, Anda bisa menentukan mutu batu bata dengan meneliti daya serapnya terhadap air. Cobalah merendamnya di dalam air, semakin sedikit air yang terserap maka semakin baik pula mutu dari batu bata merah ini.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX