Trik Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruangan

Sumber: decoist.com

Karpet merupakan salah satu aksesoris penting di dalam ruangan, yang keberadaannya tidak bisa dilupakan begitu saja. Selain berfungsi sebagai tempat kaki berpijak, untuk memberikan sensasi lembut dan nyaman di kaki, karpet tentu tak bisa dipilih sembarangan. Faktanya, material tekstur yang ada pada karpet juga ikut berpengaruh terhadap kenyamanan kaki saat berpijak di atasnya.

Jika Sobat sedang berkeinginan untuk meletakkan sebuah karpet di dalam ruangan, jangan asal pilih. Ada baiknya Sobat mengetahui berbagai pertimbangan sebelum memilih karpet yang tepat di dalam ruangan.

Sesuai Fungsi Ruangan

Sumber: http://marceladick.com
Sumber: http://marceladick.com

Setiap ruangan yang ada di dalam rumah Sobat tentu memiliki fungsi masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membeli karpet, ada baiknya Sobat telah lebih dulu menentukan ruangan manakah yang akan Sobat pasangi karpet nantinya. Untuk ruangan dengan mobilitas tinggi seperti ruang keluarga atau ruang makan, sebaiknya pilih jenis karpet berbulu pendek seperti berber atau loop-pile. Jenis karpet ini terbuat dari gabungan bahan wool, nylon dan prolipropilin yang kuat dan tebal, sehingga tidak mudah mengkerut dan mudah dibersihkan.

Sementara untuk ruang privat dimana tingkat mobilitasnya tergolong rendah, Anda bisa menggunakan karpet berbulu panjang dan tebal. Jenis karpet woven diyakini sebagai karpet dengan kualitas bahan dan tampilan terbaik. Karpet ini terasa sangat lembut dan nyaman dipijak.

Sesuaikan dengan interior ruangan

Sumber: http://www.homesandantiques.com
Sumber: http://www.homesandantiques.com

Hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah desain interior dari ruangan yang akan dipasangi karpet. Jika di ruangan tersebut sudah cukup banyak menggunakan motif, baik melalui finishing dinding atau pelapis bantal atau sofa, sebaiknya pilih karpet bermotif polos. Kemudian sesuaikan warna karpet dengan warna dominan pada ruangan tersebut. Sobat bisa memilih warna turunan dari warna dominan interior atau justru memilih warna shocking sebagai aksen pada ruangan. Misalnya saja ruangan didominasi warna monokromatik seperti putih atau krem, maka Sobat bisa menempatkan karpet berwarna merah sebagai focal point pada ruangan.

Sumber: decoist.com
Sumber: decoist.com

Setelah mengerti dua pertimbangan dalam memilih karpet di atas, maka Sobat sudah memiliki gambaran dengan jelas, akan seperti apakah karpet yang tepat untuk ruangan di rumah Sobat.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX