HDStylePatio
Sumber: homedepot.com

Teras atau yang sering juga disebut sebagai patio merupakan salah satu area penting pada rumah dan merupakan bagian dari komponen rumah. Teras menjadi area berinteraksi dan bersosialisasi, kadang juga menjadi tempat bersantai dan melakukan aktivitas bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Karenanya, teras haruslah mengundang dan nyaman, juga bisa mengakomodasi apa saja situasi dan waktu digunakannya patio tersebut.

Lalu bagaimana jika Sobat hanya memiliki sebuah teras rumah yang kecil? Tenang, Rooang memiliki tips dan ide dekorasi yang bisa Sobat terapkan.

Tentukan fungsi

Selalu, setiap Sobat hendak mendekorasi suatu ruangan, tentukan dulu apa fungsinya. Fungsi ini ditentukan berdasarkan kebiasaan Sobat sehari-hari, lokasi teras, dan ukuran teras rumah tersebut. Jika Sobat terbiasa ngeteh sore di teras samping bersama keluarga, maka perlu ada dudukan yang nyaman dan sebuah meja kecil. Dudukan bisa berupa kursi bambu atau rotan sederhana atau 2 buah armchair jika anggota keluarga hanya sedikit. Jika teras depan hanya digunakan untuk menyambut tamu, maka Sobat tidak perlu meletakkan furnitur apapun.

Pintu

Letak teras akan memengaruhi dekorasi pada pintunya. Pintu depan bisa Sobat lengkapi dengan pengetok pintu, gaya klasik maupun yang modern minimalis. Pintu kaca sebaiknya dilapisi dengan korden kain, untuk menjaga keamanan. Warna pintu bisa dipilih sesuai selera dan warna dinding sekitar. Jika ingin tampil beda, cat pintu depan rumah dengan warna vibrant dan mencolok, misalnya kuning, merah, atau oranye, dengan warna dinding sekitar abu-abu atau greige.

Tempat duduk

Karena teras merupakan area outdoor, pilihlah tempat duduk yang tahan cuaca dan mudah dibersihkan. Hindari meletakkan kursi berbahan kain atau bantalan karena akan sulit dibersihkan jika terkena hujan.

Area hijau

Terutama jika rumah Sobat tidak memiliki halaman, maka wajib bagi Sobat untuk menciptakan nuansa hijau. Tanaman gantung maupun lantai, sama-sama bisa membuat teras dan udara jadi lebih segar. Pilih jenis tanaman sesuai tingkat kesibukan Sobat, agar tidak kesulitan dalam merawatnya.

Berikut ide yang bisa Sobat contoh:

Sumber: http://hbu.h-cdn.co
Sumber: http://hbu.h-cdn.co
Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest
Sumber: housebeautiful.com
Sumber: housebeautiful.com
Sumber: http://thepaperbandit.com
Sumber: http://thepaperbandit.com
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!