0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
painting-2
Sumber: http://sothebysrealty.gr

Semewah apapun furniturnya, sebaik apapun desain rumah yang sudah dibuat, dan semegah apapun rancang bangunannya, semua akan percuma jika cat tembok mengelupas karena menggelembung. Penyebab yang paling umum adalah karena pengaplikasian yang tidak benar. Penyebab lain biasanya adalah karena cat dasar yang kurang berkualitas sehingga tidak bisa merekatkan cat akhir dengan lapisan dinding.

Permasalahan pada cat dinding rumah sebenarnya tidak mengganggu secara struktural bada bagian eksterior ataupun interior rumah Sobat, akan tetapi lama kelamaan mata kita akan merasa risih dengan masalah penggelembungan cat pada dinding bangunan. Belum lagi masalah ini selalu muncul dalam jangka waktu yang cukup dekat setelah kita melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah kita.

Penyebab cat dinding menggelembung

  • Pengecatan dilakukan pada permukaan yang masih lembab atau belum benar-benar kering seperti dinding yang baru selesai di bangun.
  • Permukaan dinding sebelum dicat masih terdapat debu / minyak / oli / kotoran-kotoran lain yang menggangu permukaan dinding.
  • Rembesnya air akibat paparan dinding yang selalu terkena air.
  • Terjadinya pengembunan pada lapisan cat, bahan dasar air yang biasanya disebabkan oleh tingginya tingkat kelembaban atau hujan yang turun sebelum cat kering sempurna. Ada baiknya untuk melakukan pengecatan pada saat cuaca cerah atau panas untuk mengindari kadar kelembaban suhu sekitar dinding.

Solusi mengatasi cat dinding menggelembung

  1. Kelupas cat yang menggelembung dengan cara dikerok sampai terlihat bagian aciannya.
  2. Bersihkan lapisan dinding dari debu dan kotoran.
  3. Perbaiki dulu jika ada bagian dinding yang retak atau bergelombang.
  4. Tunggu sampai dinding benar-benar kering sempurna.
  5. Lapisi dinding dengan cat dasar berkualitas. Tunggu sampai kering.
  6. Terakhir, aplikasikan cat finish berkualitas premium, untuk menjaga kualitas warna dan daya tahan pada dinding rumah Sobat.

Pencegahan

  • Permukaan yang baru dicuci dengan air atau kena air hujan biarkan kering sempurna.
  • Selang waktu antara setiap lapisan cat cukup lama atau minimal sesuai dengan data teknis. Setiap lapisan cat diusahakan setipis mungkin agar pengeringannya lebih sempurna.
  • Hindarkan pengecatan waktu cuaca buruk (hujan, mendung atau lembab) atau pada permukaan yang langsung terkena sinar matahari.