Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
genteng-murah1.jpg1_
Sumber: http://blog.umy.ac.id

Atap rumah merupakan bagian dari bangunan yang befungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan. Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada diatas untuk menutupi seluruh bagian bangunan.

Dikutip dari Architectaria, ada beberapa jenis genteng yang umum digunakan di rumah.

a. Genteng Tanah Liat

Sumber: http://gentengkaulinnglayur.blogspot.co.id
Sumber: http://gentengkaulinnglayur.blogspot.co.id

Material ini umumnya banyak digunakan sebagai genteng rumah. Terbuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar. Dalam pemasangannya membutuhkan rangka dan dipasang pada atap yang miring. Sistem pemasangannya saling mengunci dan mengikat atau inter locking system.

b. Genteng Metal

Sumber: distributorgentengmetalsakuraroofdanmultiroof.files.wordpress.com
Sumber: distributorgentengmetalsakuraroofdanmultiroof.files.wordpress.com

Genteng ini terbuat dari lembaran mirip seng. Pemasangannya tidak jauh beda dengan genteng tanah liat. Bisa juga ditanam pada gording rangka atap dengan menggunakan skrup. Tersedia ukuran yang bervariasi dengan lebar 600 mm–1200 mm, dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang 1,20 m–12 m.

[Baca juga: Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Material Atap ]

c. Genteng Keramik

Sumber: indotrading.com
Sumber: indotrading.com

Bahan dasar genteng ini adalah keramik tetapi telah mengalami proses finishing glazur. Jenis genteng ini menampilkan kesan modern. Tersedia dalam beragam warna dan ukuran. Genteng ini bertumpu pada rangka kayu dan beton.

d. Genteng Aspal

Sumber: http://jayawan.com
Sumber: http://jayawan.com

Bahan material terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Ada yang model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Sedangkan Multipleks dan rangka dikaitkan dengan skrup dan genteng aspal dilem ke papan. Sedang model yang bergelombang cukup diskrup pada gording.

e. Genteng Kaca

Sumber: bukalapak.com
Sumber: bukalapak.com

Pada umumnya genteng kaca dipasang hanya pada bagian tertentu dari atap karena fungsinya sebagai penerangan alami. Seiring dengan berkembangnya dunia desain saat ini genteng kaca banyak diaplikasikan menggunakan kaca datar dengan rangka untuk memberi kesan modern dan minimalis.