Elemen Penting Dalam Menyusun Taman Mungil di Rumah

33b939c01bb7574fd9c209d6ea1a0cf8
Sumber: Pinterest
Share this:

Memiliki taman mungil dirumah sangat dianjurkan, karena selain mampu memperindah tampilan rumah juga akan sangat baik bagi kesehatan dan mempengaruhi kondisi psikologis para penghuninya. Bila direncanakan dengan desain yang matang dan dikerjakan dengan hati-hati sesuai dengan yang telah direncanakan, area atau lahan kosong di rumah Sobat bisa diubah menjadi sebuah taman mungil yang mampu memperindah tampilan rumah Sobat secara keseluruhan. Ada berbagai macam cara yang bisa dlakukan agar taman mungil di rumah Sobat tampak lebih indah dan mengagumkan.

Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain dan menata taman di rumah adalah :

1. Ukuran lahan

Jika lahan yang Sobat miliki terbatas, buatlah taman mungil dengan aneka jenis dan jumlah tanaman yang juga mungil, hal ini untuk mencapai proporsi yang seimbang antara taman dengan fasade rumah.

2. Siklus matahari

Jika taman tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, Sobat dapat memilih jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Arah edar matahari ini sangat penting karena berpengaruh terhadap proses fotosintetis pada tanaman di taman rumah.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

3. Kesuburan tanah

Untuk Sobat yang tinggal di kota-kota besar, biasanya kondisi tanahnya kurang subur, oleh karena itu perlu perawatan untuk menyuburkan tanah sebelum membuat taman. Proses perawatan dan penyuburan tanah bisa dilakukan dengan mencampur tanah dengan pupuk kandang atau kompos.

Elemen penting penyusun taman mungil di rumah

Untuk membuat dan menata taman mungil, ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu penentuan elemen lunak (softscape/soft material) dan elemen keras (hardscape/hard material).

Elemen lunak (softscape/soft material)

Elemen ini terdiri dari jenis tanaman apa saja yang akan Sobat tanam. Apakah tanaman perdu, tanaman merambat (kembang telang, alamanda cathartica, dsb), tamanan peneduh, tanaman berbunga dan tanaman penutup tanah (krokot, blue eyes, bawang-bawangan maupun rumput).

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Air juga termasuk elemen lunak yang sering dan harus dihadirkan dalam taman. Keterbatasan lahan dapat Sobat atasi dengan membuat kolam kecil dengan air terjun mini di tembok yang sudah disulap dengan bentuk batu-batuan taman tebing (taman relief).

Elemen keras (hardscape/hard material)

Elemen ini terdiri dari: bebatuan, gazebo, pathway, dsb yang sering dipakai sebagai pendukung keindahan taman. Lempengan batu alam dengan bentuk komposisi yang tidak beraturan dapat berfungsi sebagai jalan setapak (pathway) dan akan menambah kesan alami pada taman Sobat.

Desain taman mungil semakin lengkap jika ditambah dengan patung, sculpture, atau lampu taman sebagai ornamen estetis yang mampu meningkatkan nilai estetika dan keindahan dari taman di rumah Sobat. Lampu taman khususnya, selain sebagai alat penerangan, lampu ini akan membuat taman tampil dramatis di malam hari.

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX