0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Tiles-for-living-room-floor-with-whte-color-ideas
Sumber: thestudiobydeb.com

Salah satu unsur paling penting dalam rumah atau tempat tinggal adalah lantai dimana lantai adalah tempat kita menginjakkan kaki untuk berjalan setiap harinya dalam rumah. Memilih lantai yang tepat untuk rumah Sobat bisa sedikit membingungkan terutama dengan berbagai pilihan bahan yang tersedia. Saat ini untuk rumah tinggal pada umumnya ada 2 jenis, yaitu lantai granit dan keramik. Berikut Rooang akan sedikit menjabarkan mengenai karakteristik masing-masing dan kelebihannya.

Dalam membangun rumah, harga tentunya menjadi sebuah patokan untuk mengatur biaya pembangunan rumah itu sendiri.  Terkadang Sobat akan tergoda dengan tawaran sales ketika Sobat berbelanja keramik atau granit sendiri karena harga yang ditawarkan memang murah. Sebelumnya, harus Sobat sadari dalam proses pembangunan itu sendiri terkadang banyak hal terjadi diluar rencana, ada keramik yang pecah dalam pengiriman, salah potong atau salah pemasangan dan salah perhitungan sehingga jumlahnya menjadi kurang dari hitungan semula.

Lantai Keramik

Sumber: fimell.com
Sumber: fimell.com

Keramik adalah yang paling umum digunakan karena awet dan perawatannya mudah dibandingkan granit dan kayu, juga tidak mudah tergores dan jika terkena kotoran atau cairan tidak cepat membekas. Untuk tampilan, sisi tepian pada keramik biasanya agak cembung dan tidak rata dan presisi seperti granit. Untuk kekuatan, keramik kalah kuat untuk benturan dan gesekan dibandingkan granit, tetapi lantai keramik lebih tahan noda dibandingkan granit.

Untuk ruangan seperti kamar mandi sebaiknya menggunakan lantai keramik yang bertekstur kasar agar tidak licin. Untuk ruangan lainnya seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur dll digunakan keramik yang bertekstur halus. Keramik juga biasa digunakan untuk dinding pada kamar mandi karena sifatnya yang tidak menyerap air dan mudah dibersihkan.

Lantai Granit

Sumber: fimell.com
Sumber: fimell.com

Granit tampilannya menyerupai keramik namun biasanya dengan ukuran yang lebih besar, lebih indah dan tepian yang lebih rata. Penggunaan Granit untuk public area memberikan kesan rapi dan modern.  Dulunya granit hanya digunakan di bangunan publik seperti perkantoran, mall, hotel namun sekarang sering digunakan di rumah-rumah pribadi karena harganya yan sudah terjangkau.

Kebanyakan granit adalah cutting tile atau sisi-sisinya dipotong agar siku dan presisi ukurannya. Hal inilah yang menyebabkan penampilan granit bisa lebih bagus dan pada aplikasinya juga bisa rapat satu dan lainnya sehingga nat-nya bisa lebih tipis/kecil. Penerapan granit cocok untuk semua ruangan kecuali kamar mandi.

Setelah mengetahui karakteristik masing masing bahan, mudah-mudahan dapat membantu Sobat dalam menentukan pilihan. Keramik lebih mudah perawatan dan paling murah, granit mirip keramik namun lebih rapi, Sobat juga bisa menggunakan jasa arsitek untuk mengatur kombinasi bahan-bahan, baik warna dan teksturnya di rumah Sobat.