Mari Mengenal Fungsi Panel Akustik untuk Kebutuhan Kantor

Design ruang kantor jaman sekarang jauh lebih terbuka dan memang sengaja didesain untuk lebih berkolaborasi daripada dahulu, apalagi dibantu dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa open space office dapat meningkatkan kinerja para karyawan dan menurunkan level stres dalam waktu bersamaan. Meskipun desian kantor open space memiliki begitu banyak dampak positif, tetap tidak lepas dari beberapa masalah yang wajib dipecahkan, salah satunya adalah naiknya tingkat kebisingan (semakin banyak orang di dalam ruangan = semakin banyak suara yang terjadi di dalam).

Banyak perkantoran atau lingkungan kerja lainnya yang dulunya merupakan closed space direnovasi menjadi ruangan yang lebih terbuka agar terlihat lebih modern. Akan tetapi, perubahan tanpa perhitungan yang baik seringkali menyebabkan lingkungan kerja menjadi lebih tidak nyaman (suara dan gema yang tidak terkontrol).

Seringkali, para karyawan berkompromi mengenai permasalahan ini dengan cara menaikkan suara mereka untuk berkomunikasi, akan tetapi justru itulah yang menyebabkan tingkat suara di dalam ruangan menjadi naik dan tidak terkontrol, apalagi kebanyakan gedung perkantoran lama memiliki atap yang tinggi dan menggunakan gipsum sebagai atap, sehingga menyebabkan pantulan suara di dalam ruangan semakin parah.

Untungnya, ada banyak cara untuk meredam tingkat kebisingan dan pantulan suara tetapi tetap mempertahankan desain open space seperti yang diinginkan. Salah satu kuncinya adalah sound absorption atau tingkat penyerapan suara, dimana dapat dengan mudah ditambahkan di dalam ruangan dengan berbagai macam cara dan tetap mempertahankan gaya dan desiain ruangan.

Panel akustik

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Suara dapat diserap oleh material yang lunak, dimana material dengan permukaan keras dapat memantulkan suara. Untuk membantu penyerapan suara di dalam ruangan, penggunaan panel akustik pada dinding, atap dan partisi perlu dipertimbangkan. Tidak perlu khawatir apabila akan terlihat membosankan atau kuno, karena akustik panel sekarang memiliki begitu banyak variasi sehingga hasil desain bisa lebih kreatif.

Office-Acoustics-2
Sumber: www.sumbersetia.com

Selain itu, panel tersebut bisa digunakan sebagai material furnitur pembantu seperti rak buku custom, partisi antar meja kantor atau lain-lain. Panel seperti Rockfon Color-All hadir dengan berbagai macam pilihan warna, ketebalan dan ukuran sehingga cocok untuk digunakan sesuai dengan desain dan kebutuhan tanpa mengorbankan desain yang diinginkan.

Baffles and island

Office-Acoustics-5
Sumber: www.sumbersetia.com

Apabila desain ruangan kantor yang diinginkan tidak memiliki ruangan yang cukup untuk menggunakan panel akustik dan memiliki langit-langit yang tinggi pula, material akustik jenis baffles/island sangat sesuai untuk kondisi tersebut. Baffles dipasang turun ke bawah sehingga tidak memakan banyak tempat, dan bisa digabungkan pula dengan pencahayaan untuk menghasilkan hiasan dekorasi yang menarik, tidak lupa berfungsi layaknya seperti panel acoustics.
Baffles seperti Rockfon “Contour” sangat sesuai untuk ruangan yang luas yang tidak terlalu banyak detail, atau bisa juga menjadi salah satu bagian desain ruangan tersebut. Jenis ini dapat pula dikombinasikan dengan sistem akustik yang lain untuk mendapatkan tingkat akustik yang diinginkan dalam desain tersebut.

Acoustic Tiles

Office-Acoustics-4
Sumber: www.sumbersetia.com

Ruangan-ruangan di dalam kantor seperti ruangan lounge atau ruang meeting tentunya perlu peredaman suara yang optimal, dimana penggunaan acoustic tiles seperti Rockfon Boxer dapat digunakan untuk dinding ruangan tersebut. Acoustic tiles hadir dengan berbagai macam bentuk dan warna, sehingga bentuk desain bisa menjadi lebih bervariasi dan kreatif, tanpa mengurasi fungsi dari akustik tersebut.

Sumber: www.sumbersetia.com
Sumber: www.sumbersetia.com

Mengapa menggunakan Rockfon?

Sumber: www.sumbersetia.com
Sumber: www.sumbersetia.com

Bagaimana cara membuatnya?

Produk Rocfon acoustic ceiling menggunakan 100% stone wool, dimana material utamanya adalah batu basalt yang dilelehkan menjadi cairan lava dan dipintal menjadi seperti benang wol, kemudian diproses lebih lanjut sampai menjadi panel siap pakai sesuai ukuran.

Beberapa fitur kelebihan yang dimiliki oleh stone wool adalah:

-TahanApi (classified as A1), tidak menimbulkan asap saat dibakar
-Inorganic material, bakteri/jamur/microorganism tidak dapat berkembang biak
-100% water resist, cocok untuk kondisi cuaca Indonesia yang cukup lembab
-Pemasangan yang mudah
-Pilihan produk dan warna yang banyak, sehingga desain menjadi lebih bervariasi
-Memiliki Singapore green label sebagai material ramah lingkungan
-Garansi produk selama 15 tahun terhadap cuaca ekstrim

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX