Menikmati Keindahan Kampung Pelangi di Semarang

4b9767e8-9046-4785-84af-f1e5c629f682
https://news.detik.com/

Tempat indah dan menakjubkan tidak hanya ada di luar negeri saja lho, sobat! Karena di Indonesia pun ada ribuan bahkan jutaan tempat indah dan menakjubkan yang bisa sobat Rooang nikmati dan kunjungi. Seperti contohnya tempat yang ada di Semarang berikut ini sobat Rooang, Kampung Pelangi namanya. Seperti apa keindahan dari tempat ini? Yuk, ikuti kisahnya hanya di Rooang!

Asal-usul

Tempat tersebut bernama Kampung Pelangi yang lokasinya berada di Kampung Wonosari Kelurahan Randusari, Semarang.

Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/
Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Pada awalnya proyek Kampung Pelangi ini bermula dari perbaikan Pasar Bunga Kalisari yang akan direnovasi dengan tujuan menjadikannya sebagai objek wisata di Kota Semarang. Proses renovasi Pasar Bunga Kalisari pun berjalan lancar, namun pemerintah kota melihat ada yang janggal karena ada kampung kumuh di belakang Pasar Bunga yang mengganggu pemandangan indah di sana. Sehingga pada akhirnya, pemerintah kota pun ikut merenovasi kampung yang ada di belakang Pasar Bunga Kalisari tersebut. Dan dengan menggunakan anggaran sebesar kurang lebih tiga milyar rupiah.

Jadi Pembicaraan

Tentunya konsep mengubah kampung kumuh menjadi kampung yang cantik, bukanlah hal yang pertama kali dilkaukan di Indonesia. Karena sebelumnya sudah ada kampung di daerah Malang, Balikpapan, dan Lubuklinggau yang juga memiliki konsep kampung tematik serupa.

Sumber : https://www.brilio.net/
Sumber : https://www.brilio.net/

Bahkan Kampung Pelangi ini sampai menarik perhatian dari media-media asing seperti The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda. Sehingga Kampung Pelangi pun menjadi bahan pembicaraan dimana-mana.

Instagramable

Dengan adanya Kampung Pelangi ini, otomatis jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kampung Wonosari ini pun meningkat drastis, sobat! Karena selain sudah tidak kumuh lagi, kampung ini juga populer sebagai  objek foto untuk dimasukkan ke sosial media instagram. Sehingga Kampung Pelangi ini juga disebut sebagai tempat yang instagramable! Tertarik untuk berkunjung, sobat?

Sumber : http://www.bbc.com/
Sumber : http://www.bbc.com/
Sumber : http://www.bbc.com/
Sumber : http://www.bbc.com/
Sumber : https://www.brilio.net/
Sumber : https://www.brilio.net/

Perubahan Kehidupan

Dengan mengubah kampung yang tadinya kumuh menjadi kampung yang lebih tertata seperti ini, Wali kota Semarang – Hendrar Prihadi mengatakan bahwa perbaikan ini tidak hanya sekedar untuk aspek luarnya saja. “Kami ingin mengubah sebuah wilayah kumuh dan miskin menjadi perkampungan yang nyaman untuk ditinggali, dihuni dan kesejahteraan warganya menjadi lebih baik. Harapannya kampung ini bisa menjadi role model pengentasan kampung miskin yang lain di Semarang,” sambungnya.

Sumber : https://www.brilio.net/
Sumber : https://www.brilio.net/

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX