Inspirasi Rumah Ringkas Ala Dendy Darman

UKL-House-Kover

Memang setiap arsitek punya prinsip tersendiri. Misalnya arsitek dari Bandung, yang satu ini yaitu Dendy Darman. Rumah yang ringkas dan compact menjadi prinsipnya untuk mewujudkan hunian impian. Begitulah kesan pertama kali melihat rumah mungil di daerah Bandung barat ini. Meski memiliki luasan terbatas, namun rumah ini mampu mewadahi segala kebutuhan ruang penghuninya.

U&KL House 1

“Dari dulu saya seneng banget dengan rumah kecil. Buat saya, dalam mendesain rumah kecil harus memanfaatkan space sekecil apa pun, karena semua sudut rumah terlihat dan harus bisa dinikmati,” kata Dendy Darman, sang arsitek. Dendy sendiri dikenal sebagai pendiri brand clothing Unkl347, namun saat ini mengembangkan lini bisnis di bidang desain interior dan furniture. Lini baru ini disebut U&KL, kepanjangan dari Us and Kind of Life.

U&KL House 5

Dengan luas rumah 120 m2, Dendy mensiasati pembagian ruang dengan menggunakan prinsip split level, disesuaikan dengan naik turunnya kontur tanah. Dendy pun membagi ruang secara mezanin. Sehingga penghuni mendapatkan pengalaman yang berbeda di setiap ruangnya.

U&KL House 10

Karena kontur tanah yang menurun, rumah berlantai dua ini tidak memiliki lantai atas. Dendy justru menambah satu lantai basement. Rumah ini menggunakan struktur baja sebagai komponen utama dan pengisinya adalah material yang cukup ringan dan mudah dibersihkan.

“Saya memanfaatkan kondisi tanah Kota Bandung yang berkontur. Sehingga sang pemilik rumah tak perlu membuat konstruksi bangunan bertingkat ke atas,” ujar Dendy.

Secara umum, pembagian ruang di rumah ini adalah sebagai berikut: Bagian atas terdiri atas tiga ruang yaitu ruang kerja, kamar tidur utama, dan kamar tidur anak. Sedangkan living room, dapur dan taman tarletak di lantai bawah.

U&KL House 2

U&KL House 12

U&KL House 11

U&KL House 4

Ada beberapa penataan ruang yang unik dengan menyusunnya secara tersembunyi. Toilet dan gudang misalnya, dijadikan satu area namun tidak tercampur fungsinya karena tersamarkan oleh partisi pintu geser yang bersisian dengan mini pantry. Begitu juga kamar mandi dalam kamar utama yang disembunyikan dengan pintu kamuflase seperti cabinet besar.

Ternyata cerita dibalik pintu tersembunyi ini adalah pemanfaatan berbagai furnitur dan observasi ruang untuk mengatasi ukuran rumah yang tidak luas. Penggunaan pintu geser sengaja dipilih oleh Dendy agar tak banyak memakan ruang saat dibuka.

Aksen merah terlihat mendominasi rumah mungil ini. Sentuhan warna merah tidak hanya tampil sebagai pelengkap pada struktur saja, namun juga hadir sebagai aksen di setiap perabotnya. Engsel, handle furniture, karpet, bantal, rak sepatu, tangga mezanin, hingga jam dinding, semua berwarna merah. Warna tersebut menyatu dengan warna alami material yang digunakan, mulai dari kayu, metal, hingga bata.Warna merah memang menjadi warna utama karena merupakan warna favorit Sisilia, sang pemilik rumah yang diterjemahkan dalam rancangan oleh Dandy.

U&KL House 8

U&KL House 7

Penataan interiornya menggunakan material ekspos. Baik pada lantai, dinding, plafon dan furnitur dan komponen lainnya. Dinding difinish hanya sampai tahap acian semen ekspos atau hanya sampai susunan hebel atau hingga dicat warna putih. Plafon dibiarkan terlihat struktur panel lantai betonnya atau dicat hitam dengan tambahan sedikit aksen merah pada beberapa bagiannya, seperti penggantung lampu dengan desain yang unik.

Rumah dengan lahan sempit dan kebutuhan ruang yang cukup kompleks ternyata bisa didisain sedemikian rupa hingga tampil beda. Rumah ini bisa menjadi inspirasi para keluarga muda dengan gaya urban masa kini.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX