Tips Meningkat Rumah dengan Biaya yang Hemat

3e3ea1f906c7a4752dbf2f7e7a56deb7-rumah-mewah-desain-rumah
Pinterest

Pertumbuhan manusia yang semakin banyak setiap tahunnya, mengakibatkan semakin banyak pula kebutuhan akan rumah tinggal bagi para manusianya. Hal itulah yang membuat ketersediaan lahan untuk rumah tinggal semakin terbatas! Padahal rumah yang kecil dan sempit juga tidak bagus untuk kesehatan anggota keluarga. Solusi yang pas adalah dengan membuat rumah yang tadinya lantai satu menjadi dua lantai alias meningkat!

Sumber : http://www.jbsolis.com/
Sumber : http://www.jbsolis.com/

Namun kegiatan meningkat rumah juga bukan hal yang mudah dilakukan sobat! Mengapa? Karena kegiatan meningkat rumah sama halnya dengan sobat Rooang membangun bangunan baru di dalam bangunan yang sudah ada. Selain butuh biaya yang tidak sedikit, proses pembangunan juga pasti akan sangat ribet dan membuat rumah tinggal yang sudah ada menjadi kotor berkali-kali lipat! Nah, jika dengan kondisi yang seperti ini sobat masih ingin meningkat rumah namun ingin biaya yang paling seminimal mungkin, berikut Rooang berikan sedikit tips :

Perhitungkan area mana yang akan ditingkat

Sumber : http://home.bt.com/
Sumber : http://home.bt.com/

Dalam kegiatan untuk meningkat rumah, tidak perlu meningkat dari keseluruhan luas bangunan rumah yang sobat Rooang miliki lho! Cukup setengah atau dua per tiga area rumah saja yang bisa ditingkat. Oleh karena itu, sobat Rooang harus perhitungkan dengan teliti area rumah mana yang bisa ditingkat, agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Prioritaskan ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dari para sobat Rooang! Jangan meningkat rumah hanya karena keinginan saja, ya!

Memilih material yang sesuai

Meningkat rumah sebenarnya sama seperti membangun sebuah bangunan baru. Hanya saja perbedaannya terletak pada pembelian material yang tidak sebanyak pada saat kita membanguna rumah dari awal. Hanya beberapa material tambahan saja yang dibutuhkan dan tidak semua material sobat! Pemilihan material untuk area rangka atap, penutup atap, dinding, dak dan kusen adalah sebuah kewajiban. Karena area-area tersebutlah yang menjadi fokus utama pada saat sedang meningkat rumah.

Sumber : http://totallogamkreasi.com/
Sumber : http://totallogamkreasi.com/

Misalnya untuk material rangka atap, sebaiknya sobat Rooang meilih rangka atap yang terbuat dari baja ringan mengingat bebannya yang lebih ringan daripada rangka atap dari kayu. Jika material yang ada di lantai dua bangunan rumah tinggal berbobot lebih ringan dari material di lantai satu, maka tugas pondasi bangunan akan jauh lebih ringan untuk menopangnya!

Dijamin dengan dua tips di atas, biaya yang sobat Rooang keluarkan untuk meningkat rumah akan berkurang sampai 50% dari normal.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX