3 Bangunan Megah dan Bersejarah di Turki

SMART-TURKEY-DUBAI-11D-1
http://ppidunia.org/

Pesona negeri Timur Tengah memang tidak ada habisnya. Negeri yang banyak dijelajahi oleh para pemuka agama ini, memang menyimpan beragam dan berjuta misteri keindahan alam dan bangunan yang menawan. Kalau begitu, untuk menyambut suasana libur panjang di minggu ini, bagaimana kalau jalan-jalan ke negara Turki! Di Turki ada banyak sekali bangunan bersejarah dan megah yang bisa sobat Rooang kunjungi bersama keluarga.

Hagia Sophia

Turki merupakan sebuah negara yang sangat bersejarah, peradaban yang tinggi, bersanding dengan Persia, Romawi dan Mesir, beberapa bangunan negara ini memiliki sejarah panjang dan dapat dikatakan merupakan sebuah situs terbaik untuk sebuah bangunan, salah satunya adalah bangunan Hagia Sophia sobat!

Sumber : http://eu.greekreporter.com/

Hagia Sophia ini dulunya adalah sebuah gereja orthodox, sobat. Namun setelah kesultanan Istanbul jatuh di bawah pengusaan kaisar Ottoman, gereja orthodox di ubahnya menjadi sebuah masjid. Jadi, ketika sobat berkunjung ke sini jangan heran kalau sobat dapat menjumpai 2 gaya bangunan yakni gaya bangunan gereja dan masjid.

Sumber : http://www.planetware.com/

Namun terjadi sebuah perubahan setelah Istanbul membangun masjid biru atau Blue Mosque, Hagia Sophia yang terletak di dekat masjid ini akhirnya diubah menjadi sebuah museum. Sehingga, kini Hagia Sophia bukan lagi sebuah masjid atau gereja, akan tetapi  bangunan museum yang menyimpan sejarah perjuangan negara Turki.

Masjid Biru

Sumber : https://www.islamicity.org/

Bangunan bersejarah berikutnya adalah Blue Mosque atau Masjid Biru. Mengapa diberi nama Masjid Biru? Alasannya adalah karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid sobat, sehingga cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini sudah tidak terlihat berwarna biru. Namun meskipun sudah tidak didominasi oleh warna biru lagi, namun masjid yang dibangun tahun 1609-1616 atas perintah Sultan Ahmed I ini masih sangat terlihat cantik dan menawan sobat!

Sumber : https://www.islamicity.org/

Masjid Biru ini ada di kawasan tertua di Istanbul sobat, yaitu di sebuah kawasan yang sudah ada sebelum tahun 1453 yang dulunya ada di bawah pengusaan Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Bizantium. Tepatnya berada tidak jauh dari situs kuno Hippodrome, dan juga berdekatan Museum Hagia Sophia. Jarak Masjid Biru ini tidak jauh dengan Istana Topkap?, tempat kediaman para Sultan Utsmaniyah sampai tahun 1853 dan juga tidak jauh dari pantai Bosporus. Dan jika sobat melihat dari laut maka kubah dan menara si Masjid Biru tampil mendominasi cakrawala kota Istanbul. Hal ini disebabkan oleh Arsitek Masjid Biru yaitu, Sedefhar Mehmet Aga diberi kepercayaan untuk tidak perlu menghemat biaya dalam pembangunan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini. Sehingga struktur dasar bangunan ini nyaris berbentuk kubus, berukuran 53 kali 51 meter!

Menara Galata

Sumber : http://www.metroeasy.com/

Bangunan ikonik yang juga bersejarah di Turki adalah Menara Galata. Menara Galata merupakan sebuah menara batu abad pertengahan di distrik Galata Istanbul, Turki. Menara Galata juga merupakan salah satu ikon kota yang terkenal, sobat! Dengan tinggi sebesar 66 meter, dan diameter kerucut silinder sebesar 16 meter, Menara Galata mampu mendominasi langit dan panorama kota Istanbul Lama dan sekitarnya.

Sumber : http://www.onopo.id/

Menara Galata sangat menonjol jika dilihat dari segala sudut sisi kota, sehingga menjadikan ikon ini mudah ditemukan oleh para wisatawan!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX