Cara Ampuh untuk Merapikan Hunian

declutter-1
http://www.smallroomideas.com/

Rumah sobat Rooang penuh dengan barang-barang koleksi dan membuat hunian menjadi sempit dan tidak nyaman? Jangan terburu-buru untuk pindah ke rumah baru dulu ya, karena Rooang punya cara ampuh untuk mengatasi hunian sobat yang berantakan akibat menumpuknya barang-barang tidak terpakai. Seperti apa caranya, yuk disimak!

Atur pola waktu

Sumber : http://formulabisnisindonesia.com/

Yang pertama harus dilakukan untuk membersihkan rumah dari barang-barang adalah mengatur pola waktu. Mengatur pola waktu yang dimaksud adalah menentukan waktunya kapan sobat Rooang harus membersihkan dan merapikan barang-barang. Sobat bisa memulainya dengan membersihkan barang seminggu sekali di hari Minggu yang waktunya dimulai dari jam 7 pagi sampai selesai! Tapi sobat Rooang juga tidak harus memulai membersihkan dan merapikan di hari Minggu saja, bisa kapan saja asal konsisten!

Fokus di satu area

Pada saat membersihkan dan merapikan barang-barang yang ada di rumah, sebaiknya sobat Rooang fokus pada satu area dulu. Jadi tidak harus di saat waktunya membersihkan barang-barang yang ada di rumah, sobat langsung membersihkan seluruh isi rumah. Fokus saja dulu pada satu ruangan misalnya untuk bulan ini waktunya membersihkan barang-barang di kamar tidur, ya sudah fokus saja di situ!

Sumber : http://www.budgetdumpster.com/

Sumbangkan

Langkah ampuh berikutnya yang bisa sobat Rooang lakukan untuk barang-barang koleksi yang memenuhi seisi rumah adalah disumbangkan. Namun kegiatan menyumbangkan beberapa barang koleksi yang sudah tidak terpakai haruslah barang dengan kualitas yang masih bagus dan layak!

Sumber : http://www.behindthecameraanddreaming.com/

Jangan suka menyimpan barang

Awal mula menyimpan dan menumpuk barang-barang di rumah karena perasaan sayang terhadap semua barang-barang yang ada di rumah. Sehingga pada akhirnya muncullah kegiatan dan hobi ‘menyimpan’ dan menumpuk barang di rumah. Namun sobat harus belajar untuk menghilangkan perasaan itu, karena tidak semua rumah yang ditinggali berukuran besar untuk menyimpan semua benda yang ada.

Sumber : http://idea.grid.id/

Konsistensi

Dan cara terakhir yang harus sobat Rooang lakukan dalam rangka merapikan rumah, adalah konsistensi! Lakukan kegiatan merapikan rumah secara konsisten alias terus-menerus! Jika sudah punya jadwal merapikan rumah sebulan sekali ya harus dilakukan sebulan sekali, jangan menundanya!

Sumber : http://www.theloop.ca/

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX