Penerapan Teknologi Sederhana Berbasis Cahaya untuk Meningkatkan Kualitas Ruang

20170917_170919_0001
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017

Daya tarik Jakarta sebagai tujuan utama urbanisasi di Indonesia menyebabkan banyak penduduknya terpaksa hidup dan tinggal di pemukiman padat penduduk, salah satunya adalah Kampung Kingkit, Gambir, Jakarta Pusat. Rapatnya jarak antar hunian pada lingkungan Kingkit, menyebabkan terputusnya koneksi antara ruang hunian dan lingkungan sekitar yang mengakibatkan udara tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Program ‘Water and Light’ adalah program pengabdian masyarakat Direktorat Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI yang diusung oleh Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik UI. Tujuan dari program ini adalah merespon kualitas ruang tinggal dengan menerapkan purwarupa teknologi sederhana yang dapat dibuat dan diterapkan oleh warga Kampung Kingkit. Purwarupa yang diterapkan memanfaatkan bahan bekas berupa kaleng minuman dan botol air mineral untuk menyebarkan cahaya matahari ke dalam ruangan secara optimal dan juga berperan sebagai ventilasi untuk mengalirkan udara agar tidak lembab.

penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017

Program ini dilaksanakan melalui rangkaian workshop dan diskusi bersama warga yang bertujuan untuk mendukung proses pembuatan teknologi sederhana dan menjadi ajang transfer pengetahuan guna menjaga keberlanjutan program. Diskusi dilakukan untuk memperkenalkan ide awal dari program pengabdian masyarakat UI secara mendetail. Melalui diskusi tersebut, tim mendapatkan beberapa masukan dan saran untuk menyempurnakan ide dari purwarupa yang dikembangkan. Berdasarkan hasil diskusi tersebut pengembangan dilanjutkan kembali untuk didiskusikan ulang bersama warga. Antusiasme dari warga Kingkit positif terhadap program ini yang diusung dan diusulkan untuk diaplikasikan pada ruang-ruang publik seperti MCK umum. Kesepakatan bersama warga dilanjutkan dengan bekerja bersama dalam pemasangan purwarupa ventilasi atap dan pengecatan pada dua MCK umum di kampung Kingkit. Warga terlihat sangat antusias dan sangat aktif berpartisipasi dalam membantu pemasangan teknologi sederhana di kedua MCK umum tersebut.

penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017
penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017
penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pembuatan mural bersama anak-anak sekitar kampung Kingkit sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan rasa memiliki dari anak-anak terhadap lingkungan sekitar. Masing-masing anak bekerja-sama untuk mewarnai bagian yang mereka suka hingga gambar satu sama lain saling melengkapi dan menjadi mural yang bertemakan lingkungan yang asri. Kegiatan mural tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar sejak dini dan juga membawa pesan kesadaran lingkungan kepada masyarakat secara sederhana.

penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017
penerapan teknologi sederhana
Sumber : Pengmas Kingkit UI 2017

Seluruh rangkaian kegiatan pada program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatan kualitas ruang tinggal dan memberi pengetahuan lebih kepada masyarakat mengenai pemberdayaan sumber cahaya alami dalam mendukung terpenuhinya kualitas lingkungan bertinggal sesuai dengan kapasistas warga sekitar. Pemanfaatan dari barang-barang bekas dalam program ini juga menjadi salah satu pesan yang ingin disampaikan dalam program ini melalui penerapan secara nyata bersama masyarakat.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX