1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
menjelang-musim-hujan-ini-yang-perlu-diperhatikan
Sumber: https://www.rumah.com

Musim hujan telah tiba. Untuk memasuki musim hujan, ini yang perlu diperhatikan agar rumah tetap nyaman dihuni. Pasalnya saat musim hujan tiba, bukan hanya banjir yang perlu diwaspadai, tapi juga faktor lain seperti kebocoran atap, merembesnya dinding dan lain sebagainya.

Terkadang karena derasnya hujan dengan disertai tiupan angin yang kencang menjadi masalah bagi rumah. Oleh karena itu memasuki musim hujan, ini yang perlu diperhatikan untuk sebisa mungkin menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan Saluran Air

Menjelang Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan
Sumber: http://desainrumaharsitek77.com

Hampir setiap rumah memiliki talang air. Namun pada saat musim kemarau, talang air sering kali luput dari perhatian sehingga kotoran dan debu menumpuk. Saat memasuki musim hujan, tak ada salahnya untuk membersihkan talang air terlebih dahulu. Karena kotoran yang menumpuk, bisa menyumbat saluran air. Sambil membersihkan talang air, sobat Rooang juga bisa memperhatikan kondisinya kalau-kalau ada yang bocor atau perlu dibenahi kembali.

Saluran air juga perlu diperhatikan. Endapan lumpur, kotoran yang menumpuk juga dapat menyebabkan banjir. Untuk menghindari masuknya tikus atau hewan lain yang tidak diinginkan, saluran air bisa dipasangi kawat ayam sehingga sampah juga tidak bisa masuk.

Cek Kondisi Atap Rumah

Menjelang Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan
Sumber: https://www.chemistryworld.com

Untuk menghindari kebocoran atau masalah lain yang lebih besar, tak ada salahnya untuk mengecek kondisi atap rumah. Genting yang bergeser atau retak, bisa dibenahi kembali atau menggantinya dengan yang baru jika diperlukan. Usahakan untuk menggunakan bahan yang waterproof. Atau bisa juga disiasati dengan melapisinya menggunakan cat pelindung yang anti air untuk memperkuat pencegahan bocor.

Perhatikan Keadaan Dinding

Menjelang Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan
Sumber: https://www.minimoi.com/

Langit-langit rumah juga perlu diperhatikan. Pada saat musim hujan, tak jarang keadaan dinding menjadi lembab. Air yang merembes di dinding bukan hanya dapat mengganggu keindahan, tapi juga berakibat merusak. Retakan pada dinding yang harus ditutup, bisa ditutup menggunakan semen kemudian melapisinya dengan bahan waterproof. Jamur-jamur pada dinding juga ada baiknya segera dibersihkan.

Teliti Bagian Dalam Rumah

Menjelang Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan
Sumber: pinterest

Musim hujan berpotensi membuat hawa menjadi lembab. Jika tidak diperhatikan dengan baik, udara di dalam rumah akan menjadi kurang sehat. Oleh karena itu memasuki musim hujan, ini yang perlu diperhatikan dari keadaan bagian dalam rumah. Jalur ventilasi udara, jendela serta pintu rumah yang sudah mulai rapuh atau tidak berfungsi dengan baik, perlu diperbaiki agar tidak menjadi jalur masuknya air hujan dan membuat udara lembab. Kabel listrik yang mudah rapuh dan terkelupas juga perlu diperhatikan karena berbahaya menyebabkan korsleting. Tak ada salahnya meneliti jaringan listrik dan menggantinya dengan yang baru bila diperlukan.

Perhatikan Halaman Depan dan Belakang Rumah

Menjelang Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diperhatikan
Sumber: https://egiaethatarigan.blogspot.co.id/

Halaman depan dan belakang rumah atau balkon juga tak boleh luput dari perhatian agar air hujan tidak menggenang kemudian masuk ke dalam rumah. Usahakan halaman rumah posisinya lebih rendah dibanding lantai rumah, sehingga air tidak mudah masuk. Untuk menyiasati air agar tak mudah masuk rumah, bisa juga disiasati dengan menggunakan karung berisi pasir yang diletakkan pada bagian sekitar rumah yang rendah.

Dengan persiapan ini, memasuki musim hujan jadi lebih tenang dan rumah tetap terasa nyaman.