Tren Industri Desain Interior dan Peralatan Rumah Tangga

index-mozaik-indonesia-7
Sumber : http://indexmozaik.com/

Suasana hari ke-3 pameran INDEX MOZAIK Indonesia 2017 semakin dipadati pengunjung. Sejumlah perusahaan khususnya yang bergerak di industri kreatif datang dan memanfaatkan pameran ini untuk menambah wawasan dan update terhadap tren di industri desain interior. Sebanyak 150 perusahaan dari Indonesia maupun mancanegara berpartisipasi di pameran yang mencakup Furniture and furnishing, Lighting, Home Textiles, Bathroom, Sleep, Surfaces & Finishes, Design, Workspace, and Hardware Accessories dan Houseware & Gift. Selain itu, sejumlah asosiasi dan praktisi desain interior dari dalam negeri menggelar forum diskusi, salah satunya Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

tren desain interior
Sumber : http://indexmozaik.com/

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggelar forum yang membahas mengenai Building Information Modeling (BIM) – proses untuk menciptakan sebuah desain, dan juga membahas regulasi peraturan dalam merancang bangunan. BIM yang dimulai dengan menciptakan 3D model digital (bangunan secara virtual) yang berfungsi sebagai sarana untuk membuat perencanaan, perancangan, pelaksanaan pembangunan, serta pemeliharaan bangunan beserta infrastrukturnya. “Arsitek mengharapkan dengan mengadopsi BIM, kita dapat membuat visualisasi dari berbagai alternatif desain dalam satu model, mengidentifikasi potensi ketidakcocokan antar komponen bangunan, mengomunikasikan desain secara 3 dimensi, dan tentunya meningkatkan produktivitas,” ujar Aswin Indraprastha, Ketua Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Bandung yang berbicara dalam forum Building Information Modeling (BIM) oleh IAI.

tren desain interior
Sumber : http://indexmozaik.com/

Pada pameran INDEX MOZAIK Indonesia 2017, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) juga mengapresiasi karya-karya terbaik desainer interior muda Indonesia dalam program HDII Award 2017.  Ada kategori Utama dan Kategori Konseptual. Kategori Utama sendiri terbagi atas enam sub kategori yakni Hunian/Residensial, Tempat Kerja/Working Space, Komersial/Retail, Restaurant, Lounge and Bars, Hospitality, dan Tempat Publik/Public Space. Masing-masing kategori menampilkan 5 nominasi terbaik dalam rancangan desain mereka. “Sebenarnya orang Indonesia punya darah seni hanya masih belum diasah. Para desainer muda perlu mendesain produk yang lebih timeless dan lebih internasional, jadi bukan cuma follower. Seringkali desainer Indonesia masih terjebak pada langkah mendesain sesuatu hal yang egonya tinggi menurut kesukaannya sendiri bukan berdasar pada kesukaan masyarakat,” ujar Lea Aviliani Aziz selaku Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

tren desain interior
Sumber : http://indexmozaik.com/

Ong Cen Kuang – brand asal Bali yang terkenal dengan produk lampu-lampu unik dan inovatifnya, juga memanfaatkan INDEX MOZAIK Indonesia 2017 sebagai ajang untuk merilis desain terbarunya. “Saat ini, tren desain yang saya suka adalah merajut dengan besi. Ternyata di Indonesia, kerajinan menggunakan teknik ini diturunkan dari generasi ke generasi. Biasanya, kerajinan dengan teknik ini digunakan untuk wedding accessories. Saya senang karena kami bisa menerjemahkan teknik ini dengan bahan-bahan dasar menjadi sebuah lampu dekoratif,” ujar Budiman, pendiri Ong Cen Kuang. Menurut Budiman, lighting atau  pencahayaan  menjadi salah satu unsur dalam desain interior, bahkan menjadi ornamen yang menjadi “jiwa” dari sebuah ruangan.

tren desain interior
Sumber : http://indexmozaik.com/

Pameran INDEX MOZAIK Indonesia 2017 akan memberikan dampak positif bagi para pelaku industri   desain interior, furnitur, peralatan rumah tangga dan cinderamata lokal agar bisa menggali ilmu atau teknologi serta tren yang sedang digandrungi di pasar global. “Keikutsertaan perusahaan-perusahaan lokal di ajang ini akan memberikan peluang agar produk-produk Indonesia bisa tampil dan dikenal secara luas. Perkembangan industri interior dan hospitality di tanah air sendiri juga kian berkembang, dan dapat dipenuhi oleh para manufaktur-manufaktur lokal” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai INDEX MOZAIK Indonesia, silakan sobat Rooang mengunjungi laman http://indexmozaik.com/. Harga tanda masuk INDEX MOZAIK Indonesia 2017 sebesar Rp50.000,- dan Free pada hari Minggu.

 

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX