Cara Ampuh Menyiasati Interior Hunian yang Terlalu Terang

terang
Pinterest

Membuat sebuah ruangan menjadi terang dan cukup asupan pencahayaan alami tentunya adalah sebuah hal lazim yang seharusnya dilakukan oleh para pemilik rumah. Tapi ternyata suasana interior hunian yang terlalu terang juga tidak baik lho! lalu adakah cara ampuh untuk menyiasatinya? Jawabannya ada di bawah ini :

Tirai

Sengaja menggunakan jendela berkaca besar, tapi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan ternyata sangat menyilaukan terutama jika sinar matahari yang masuk ke rumah adalah sinar di sore hari. Akibatnya tak hanya menyilaukan, kondisi di dalam rumah pun menjadi terlalu hangat bahkan gerah. Supaya hal tersebut bisa diatasi, pasanglah tirai di jendela atau pintu kaca yang ada di rumah.

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Gunakan warna selain putih

Jangan mewarnai semua dinding dengan warna putih karena sifatnya merefleksikan cahaya. Pilih warna yang berbeda untuk beberapa bagian dinding, contoh di satu sisi dinding warnanya biru laut, di sisi yang lain sobat bisa menggunakan wallpaper. Jangan juga memilih warna yang terlalu gelap, seperti hitam atau ungu tua. Kedua warna ini memang menyerap panas, sehingga walaupun di mata akan terasa lebih sejuk, tapi warna tersebut malah membuat ruangan menjadi semakin gerah.

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Kipas angin

Karena interior ruangan terlalu terbuka dan banyak menggunakan elemen kaca, hal itulah yang bisa membuat kondisi ruangan semakin panas dan menyilaukan. Sehingga agar hal ini bisa teratasi bukalah satu atau dua jendela yang ada lalu nyalakanlah kipas angin yang terpasang di plafon untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam ruangan. Niscaya interior ruangan yang terlalu silau, panas dan terang akibat teriknya sinar matahari akan hilang.

Sumber : http://mommyessence.com/

Membuka satu jendela

Kebanyakan orang ingin membuat interior rumah menjadi terang dengan memasang banyak sekali elemen kaca, namun hal itu justru bisa menjadi boomerang! Karena banyaknya elemen kaca yang terpasang akan membuat udara panas dan terik sinar matahari di luar rumah membuat interior hunian menjadi tidak nyaman. Sehingga untuk mengatasi sinar matahari yang terlalu terang masuk ke dalam rumah, pilihlah satu hingga dua jendela yang dibiarkan terbuka. Karena jika cahaya yang ada di dalam ruangan terlalu menyilaukan, mata akan jadi cepat lelah dan membuat sobat Rooang susah berkonsentrasi.

Sumber : http://new.fatare.com/

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX