Diskusi dengan Andy Rahman : Ber-arsitektur Itu Butuh Proses

diskusi dengan andy rahman
Sumber : Dokumentasi Rooang/14112017

Seperti yang sudah sobat Rooang ketahui, bahwa di tanggal 14 November lalu Rooang support penuh kegiatan dari sebuah konsultan terkenal asal Surabaya yaitu Andy Rahman Studio. Event dari Andy Rahman Studio tersebut membicarakan tentang bedah atau sharing karya dari pembangunan kedua proyek yang telah dikerjakan. Yaitu proyek pembangunan kantor Andy Rahman Studio dan juga pembangunan Twin House yang sama-sama mengusung konsep ‘green’ dan memaksimalkan kondisi iklim Indonesia yang tropis.

andy rahman studio
Sumber : http://www.andyrahmanarchitect.com/
andy rahman studio
Sumber : http://www.andyrahmanarchitect.com/

Mengingat event ini penting dan membawa banyak value bagi para peserta yaitu mahasiswa ITS, pihak Andy Rahman Studio membuka sesi diskusi ringan dan tanya jawab setelah paparan proyek selesai dilakukan. Ada beberapa pertanyaan yang sempat diajukan dari para mahasiswa kepada Andy Rahman, diantaranya :

———————————————————————————————————————————

M : Bagaimana cara Pak Andy supaya bisa memahami keinginan klien yang berbeda-beda?

A : Sebenarnya tidak ada cara atau trik khusus yang saya lakukan untuk langsung bisa secara otomatis memahami keinginan klien. Namun saya terus melakukan pendalaman dan wawancara secara intensif dengan klien supaya bisa tahu dan memahami apa yang klien saya inginkan. Intinya sih, memiliki banyak jam terbang atau pengalaman akan sangat membantu.

diskusi dengan  andy rahman
Sumber : Dokumentasi Rooang/14112017

M : Kalau dilihat-lihat, karya-karya Pak Andy selalu soal rumah tinggal atau hunian apakah memang Bapak memang mengambil spesialisasi untuk hanya mengerjakan proyek rumah tinggal saja?

A : Wah ini pertanyaan yang sering sekali ditanyakan kepada saya. Ehm, jawaban sebenarnya adalah saya tidak pernah mengkhususkan diri saya untuk hanya mengerjakan proyek rumah tinggal. Tapi memang karya pertama saya yang menjadi viral dan diliput oleh banyak media adalah rumah tinggal yaitu rumah kos Keputih itu. Sehingga dari sanalah berkembang asumsi bahwa saya hanya khusus mengerjakan proyek rumah tinggal saja, padahal tidak kok.

diskusi dengan  andy rahman
Sumber : Dokumentasi Rooang/14112017

M : Pak, apakah pendapat Bapak soal perbedaan konsultan dan kontraktor? Apa lebih baik untuk mencampurnya atau memisahkannya?

A : Kalau menurut saya, lebih baik konsultan dan kontraktor itu menjadi dua biro atau perusahaan yang berbeda, mengapa? Sebab konsultan lebih intens untuk mengurus soal desain dan estetikanya, sedangkan kontraktor lebih berkonsentrasi pada pembangunan jadi kedua hal ini sangatlah berbeda sehingga lebih baik dipisah.

diskusi dengan  andy rahman
Sumber : Dokumentasi Rooang/14112017

R : Bagaimana tanggapan Bapak soal banyaknya klien, home owner atau pemilik rumah yang tidak mau menggunakan jasa arsitek?

A : Jawaban singkatnya adalah mereka tidak paham soal ‘Arsitektur’. Penjelasannya adalah seseorang yang ingin membangun rumah kebanyakan adalah para klien yang masih memiliki lahan atau tanah saja,sehingga perlu ahli yang paham bagaimana mengolah tanah kosong tersebut menjadi rumah tinggal yang layak. Dan jawabannya Anda harus menggunakan jasa Arsitek! Karena Arsitek adalah orang yang ahli untuk bisa mewujudkan hunian impian Anda, lewat metode desain yang telah dipelajari. Jika Anda tidak mau menggunakan jasa Arsitek karena alasan biaya yang mahal, itu adalah salah besar. Karena justru Anda akan kehilangan banyak biaya kalau malah menggunakan jasa kontraktor yang sesungguhnya hanya mengerti soal teknis bangunan saja, padahal untuk mewujudkan sebuah rumah tinggal Anda perlu mendesainnya dahulu. Dan semua itu bisa diwujudkan dengan meng-hire Arsitek, biaya pembangunan pun tidak akan membengkak karena Arsitek bisa juga menjadi pengawas, yang menghindarkan Anda untuk dicurangi para oknum kontraktor nakal yang sering berbohong soal harga material pada pemilik rumah.


Sehingga kalau bisa ditarik kesimpulan dari event seru tempo hari adalah, ber-Arsitektur itu sulit, tidak mudah dan buth proses yang panjang dan yang paling penting proses tersebut harus dilakukan terus menerus, supaya value Arsitektur sendiri tetap terjaga!

Kalau menurut sobat Rooang, bagaimana?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX