Meletakkan Pencahayaan yang Tepat Dalam Hunian

pencahayaan
Sumber : https://irastar.com/

Seringkali penempatan lighting atau pencahayaan di dalam sebuah hunian akan mempengaruhi suasana dan kesan keseluruhan hunian. Terlalu terang pencahayaan juga tidak bagus untuk sebuah ruangan, apalagi jika pencahayaannya terlalu redup atau bahkan temaram tidak akan sesuai untuk semua area ruangan. Nah, lalu bagaimana cara yang tepat untuk meletakkan elemen pencahayaan dalam sebuah hunian? Simak beberapa tips dan triknya di bawah ini :

Tentukan lokasi

Hal yang paling penting dari mewujudkan sebuah faktor pencahayaan yang tepat di dalam hunian adalah tentukan lokasi dulu sobat! Biasanya untuk ruangan yang berukuran besar membutuhkan beberapa jenis lampu, sedangkan untuk ruangan yang lebih kecil mengaplikasikan lampu gantung sepertinya sudah cukup.

pencahayaan
Sumber : http://www.drafttotheshow.com/
pencahayaan
Sumber : https://www.lightingmajestic.co.uk/

Ingat jika mengaplikasikan lampu gantung di dalam sebuah ruangan, pikirkan jarak yang sesuai dengan sirkulasi manusia yang beraktivitas di bawahnya.

Pertimbangkan material

Untuk membuat suasana yang tepat sekaligus dramatis di dalam sebuah ruangan, pemilihan material tentu menjadi hal yang penting! Untuk konsep desain yang modern, material penutup lampu dari logam seperti alumunium, tembaga atau baja bisa menjadi pilihan yang tepat.

pencahayaan
Sumber : http://yuorphoto.com/
pencahayaan
Sumber : https://irastar.com/

Sedangkan untuk konsep minimalis, ceiling lamp atau indirect lamp tanpa penutup lampu akan lebih pas untuk digunakan. Biasanya memang untuk jenis lampu tanpa penutup ini akan lebih cocok digunakan pada ruangan pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi. Sebab, suasana dramatis lebih dibutuhkan di dalam area pribadi tersebut.

Sesuai suasana yang diinginkan

Sebuah ruangan dengan pencahayaan yang tepat akan terwujud dengan cara menentukan suasana apa yang ingin dirasakan. Dan suasana yang diinginkan tersebut bisa sobat Rooang tentukan dari jenis serta fungsi setiap ruangan di dalam hunian. Misalnya untuk ruang kerja warna lampu biru atau putih akan lebih diutamakan karena bisa membantu sobat untuk fokus dan berkonsentrasi. Tapi butuh juga lampu kerja di atas meja, untuk membantu suasana bekerja menjadi lebih santai.

pencahayaan
Sumber : http://www.home-designing.com/

Perhatikan dimensi ruangan

Yang tidak kalah penting dari sebuah elemen pencahayaan yang tepat adalah untuk memperhatikan dengan teliti dimensi ruangan yang akan digunakan. Untuk ruangan yang berukuran besar, pilih lampu gantung dengan model yang panjang atau bulat. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat dimensi ruang menjadi lebih proporsional!

pencahayaan
Sumber : https://irastar.com/

Tapi bukan berarti untuk ruangan yang sempit harus menggunakan lampu yang juga kecil lho sobat! Justru sobat Rooang bisa memasang lampu gantung besar untuk memberikan aksen pada ruangan.

pencahayaan
Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/
pencahayaan
Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX