Menyulap Ruangan Agar Terasa Dingin Meski Tanpa AC

menyulap ruangan agar terasa sejuk meski tanpa ac
Sumber: https://www.catrumahminimalis.me/

Untuk negara tropis seperti Indonesia, cuaca memang cenderung terasa panas. Bahkan di dalam ruangan, rasa panas dan gerah juga tak jarang susah dihindari. Solusi untuk mengurangi panas dan gerah tersebut salah satunya adalah menggunakan AC atau pendingin ruangan. Namun hal tersebut tentu akan membengkakkan biaya pemakaian listrik pada tiap bulannya. Untuk menghindari hal tersebut, dapat disiasati dengan menyulap ruangan agar terasa dingin meski tanpa AC.

Meningkatnya kepadatan penduduk dan pemasan global juga dapat mempengaruhi cuaca sehingga terasa semakin panas. Penggunaan listrik yang terlalu banyak juga secara tak langsung mempengaruhi pemanasan global. Agar tak ikut menambah pemanasan global, ada baiknya untuk ikut mengurangi penggunaan listrik. Misalnya dengan tidak menggunakan alat pendingin ruangan, mengurangi pemakaian lampu serta alat listrik lainnya saat siang hari. Tak hanya menekan biaya untuk pemakaian listrik, hal ini juga dapat menyulap ruangan agar terasa dingin meski tanpa AC loh.

Pilih Warna Yang Memberi Kesan Sejuk

ruangan sejuk tanpa ac
Sumber: https://www.trendir.com/

Pemilihan warna yang memberi kesan sejuk dapat mempengaruhi mood dan suasana menjadi terasa dingin. Warna cerah seperti putih, biru muda atau hijau muda, misalnya. Selain memberi kesan sejuk, warna-warna cerah tersebut juga memberi kesan tenang dalam ruangan. Jika tak ingin mengecat ulang dinding ruangan, pemasangan wallpaper dapat dijadikan alternatif. Ada baiknya menghindari penggunaan warna gelap serta warna yang mencolok.

Manfaatkan Tanaman

Menanam tanaman tentu dapat membantu menjaga sirkulasi udara agar lebih baik. Tanaman juga dapat memberi kesan sejuk dan segar pada rumah. Menanam pohon besar di area luar atau halaman rumah juga dapat sedikit melindungi rumah dari paparan matahari langsung. Konsep memelihara tanaman juga dapat diaplikasikan di dalam ruangan. Misalnya dengan menggunakan pot-pot kecil yang bentuknya lucu sebagai dekorasi ruangan. Selain membawa kesan sejuk, dekorasi tanaman ini tentu juga akan mempercantik desain interior rumah.

Buat Langit-langit Rumah Yang Tinggi

Membuat langit-langit rumah yang tinggi juga dapat menyulap ruangan agar terasa dingin meski tanpa AC. Dengan trik langit-langit tinggi, ruangan terasa lebih luas dan tidak sesak. Selain itu dengan langit-langit yang tinggi juga dapat membantu udara lebih mudah berputar di dalam ruangan melalui celah-celah ruangan.

menyulap ruangan agar terasa dingin meski tanpa ac
Sumber: Pinterest

Maksimalkan Ventilasi Udara

Pada pagi dan sore hari, tak ada salahnya untuk membuka jendela-jendela rumah agar udara dari luar dapat bebas masuk. Pertukaran udara antara udara di dalam ruangan dan udara di luar ruangan tentu membawa dampak baik dan membuat ruangan tetap segar. Pada saat siang hari dan matahari mulai menyengat, tirai jendela dapat ditutup untuk mengurangi paparan matahari langsung yang masuk ke dalam rumah.

Tak Perlu Terlalu Banyak Perabotan

Banyaknya perabotan tentu akan membuat ruangan terasa penuh. Hal ini secara tak langsung juga berpengaruh membuat udara di dalam ruangan terasa panas dan sesak. Sehingga ada baiknya untuk tak terlalu banyak menggunakan perabotan atau furniture di dalam rumah. Semakin banyak perabotan yang ada di dalam rumah juga akan menyulitkan untuk membersihkannya, sehingga debu lebih mudah menumpuk. Memilah dan memilih barang yang tak terlalu penting dapat membantu ruangan terasa lebih lega dan segar.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX