Penghargaan IAI Jakarta 2018 Dibuka, Demi Merayakan Arsitektur yang Lebih Baik

IAI Jakarta
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/

Pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta pada hari Senin (30/10) mengadakan acara peluncuran Penghargaan  IAI  Jakarta 2018, bertempat di  Jakarta Design Center  lantai 6,  Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dimulai pada tanggal 31 Oktober 2017, pemasukan karya secara online telah resmi dibuka, para peminat dapat mengakses  tata cara pemasukan karya di portal  IAI Jakarta pada: www.iai-jakarta.org. Pemasukan karya akan ditutup pada tanggal 18 Januari 2018 mendatang.

Program acara Penghargaan IAI Jakarta merupakan ajang penghargaan tertinggi yang diberikan untuk karya arsitektur yang dirancang oleh anggota IAI dan berlokasi di wilayah DKI Jakarta. Program acara ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2006 sebagai acara tiga tahunan, dan sejak acara Penghargaan IAI Jakarta 2017 lalu, acara Penghargaan IAI Jakarta menjadi digelar setiap tahun. Penghargaan IAI Jakarta 2018 menandai penyelenggaraan program acara untuk keenam kalinya.

“Ide dasar  tema penyelenggaraan  kali  ini adalah pemikiran bahwa  karya arsitektur  yang berhasil, adalah  yang dapat memberi kontribusi kepada masyarakat, secara individu maupun bersama, sehingga turut membentuk kualitas hidup lebih baik. Dalam penilaian berbagai kategori dalam penghargaan ini, karya-karya arsitektur akan juga dievaluasi dari kontribusi serta tanggapan masyarakat yang dipengaruhinya,” tutur Steve J. Manahampi, Ketua IAI Jakarta, saat membuka acara peluncuran di Jakarta, Senin (30/10).

Program Penghargaan  IAI  Jakarta  2018  turut mendukung  peran  arsitek  di  Indonesia  sebagai  salah  satu  sub-sektor ekonomi kreatif yang sangat penting dalam pengembangan  industri nasional menuju  knowledge-based economy  dan dikelola oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia. Karya-karya penerima anugerah penghargaan dan apresiasi diharapkan  bisa menjadi  inspirasi  bagi  arsitek  lainnya;  dan  sebagai  produk  arsitektur,  karya-karya  pemenang  dapat memberikan solusi serta kontribusi riil terhadap kualitas hidup manusia secara individu maupun bersama dalam konteks kota.

IAI Jakarta melihat program penghargaan tahunan ini bukan semata-mata momen merayakan arsitektur yang statis tetapi sebagai arena di mana kemudian secara kumulatif bisa menghasilkan “compendium” atau koleksi karya-karya arsitektur yang ringkas tetapi mendalam untuk mewakili konteks eksternal para arsitek melalui penelusuran proses, respons, dan strategi yang diunggulkan. Karena itu, selain memberikan platform terbaik pada karya-karya yang menerima anugerah, apresiasi  maupun  para  arsitek  yang  terlibat  di  dalamnya,  IAI  Jakarta  juga  dengan  bangga  mewakili  semangat kebersamaan dalam profesi arsitektur secara menyeluruh dengan memberikan respek profesional terhadap semua karya arsitektur yang mendaftarkan diri dalam program ini.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program IAI Jakarta selama ini. Semoga bersama-sama kita dapat terus  saling  memberi  inspirasi  secara  aktif,  dan  melibatkan  masyarakat  lebih  luas  lagi  untuk  mengapresiasi  dan membangun kualitas hidup lebih baik, serta memajukan dunia arsitektur kota dan negara kita”,  tutup Steve J. Manahampi.

Berikut ini, narasumber peluncuran program Penghargaan IAI Jakarta 2018:

IAI Jakarta
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/

Steve J. Manahampi : Ketua IAI Jakarta

Peter Y. Gandakusuma : Penerima Apresiasi Penghargaan IAI Jakarta 2017 kategori Pemikiran/Penulisan Arsitektur: “Stensil Arsitektur”

Realrich Sjarief :

Penerima Anugerah IAI Jakarta 2017 kategori Bangunan Hunian: “Omah Architecture Library”

Apresiasi Penghargaan IAI Jakarta 2017 kategori Pameran Arsitektur: “Pameran Titik Awal”

Hasan Halim : Perwakilan Dewan Juri/Dewan Penasihat

Rini Haloho : Perwakilan Pengurus Bidang Penghargaan IAI Jakarta

Theresia Purnomo : Pembawa acara

Program Penghargaan IAI Jakarta Lainnya

IAI  Jakarta  dalam  program-programnya  juga  akan  terus  gencar melakukan  sosialisasi  tentang  arsitektur  dan  arsitek khususnya di Jakarta, dan Indonesia untuk membantu menjawab tantangan utama arsitektur Indonesia yaitu kurangnya tenaga arsitek, serta masih kurangnya kepercayaan para pengembang besar terhadap jasa arsitek lokal.  Salah  satu  programnya  yang  sudah mulai  berjalan  adalah  dengan memberi mandat  bagi  para  penerima  anugerah penghargaan  sebagai  Duta  IAI  Jakarta.  Para  Duta  IAI  Jakarta  memiliki  tugas mendukung  program  asosiasi  untuk memajukan dunia arsitektur Indonesia, terlibat aktif dalam agenda kegiatan IAI, dan sudah mulai bekerja efektif sebagai duta sejak menerima anugerah penghargaan (dimulai sejak Penghargaan IAI Jakarta tahun 2017).  Para Duta IAI Jakarta ini akan dilibatkan dalam berbagai aktivitas strategis IAI Jakarta sampai dengan malam program penghargaan di tahun berikutnya. Mereka berperan sebagai perpanjangan tangan IAI Jakarta untuk turut meningkatkan dan memacu semangat berkarya, memberi inspirasi, dan sebagai tolok ukur perkembangan arsitektur dan inovasi dalam arsitektur.

Penghargaan IAI Jakarta juga akan menerbitkan publikasi cetak berupa MOOK (magazine book) berisi ulasan termutakhir mengenai karya-karya penerima anugerah atau apresiasi dari program Penghargaan IAI Jakarta. Dengan adanya MOOK yang direncanakan akan terbit 2 kali dalam setahun ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih terperinci terhadap keadaan dan peran arsitektur di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Daftar Kategori Anugerah dan Apresiasi Penghargaan IAI Jakarta 2018

IAI Jakarta
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/

Kategori-kategori  yang  dinilai  dalam  kategori  anugerah  adalah:  1)  bangunan  hunian,  2)  bangunan  komersial/usaha,  3) bangunan publik/sosial budaya, 4) bangunan fasilitas khusus, 5) bangunan konservasi, 6) intervensi perkotaan dan 7) anugerah khusus Tokoh Arsitektur.

Sedangkan dalam kategori apresiasi, kategori-kategori yang diberikan apresiasi adalah: 1) hasil pemikiran arsitektur, 2) hasil penulisan arsitektur, 3) pameran arsitektur, 4) jasa dan mitra, 5) program dan media, dan 6) 35/35 (35 orang arsitek di bawah umur 35 tahun).

Sekilas Tentang IAI Jakarta

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) didirikan di Bandung pada tanggal 17 September 1959, dan IAI DKI Jakarta berdiri secara resmi pada tanggal 4 Februari 1969. Pendirian IAI terdorong oleh keyakinan bahwa persatuan yang erat antara arsitek murni dapat mempertinggi mutu arsitektur di  Indonesia. Maksud dan  tujuan pendirian  IAI antara  lain melakukan kerja sama dengan berbagai pihak  termasuk masyarakat pengguna arsitek, meningkatkan hak dan  tanggung  jawab arsitek serta memelihara rasa tanggung jawab para arsitek dalam melakukan tugasnya.

Saat ini IAI Jakarta tengah aktif menyelenggarakan Penataran Keprofesian Arsitek untuk berbagai strata, diiringi dengan acara Pelantikan Anggota Baru serta Penataran Kode Etik, dan Kaidah Tata Laku Arsitek.

 

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX