1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
15 cerita arsitek muda
Sumber : Andy Rahman Studio

Atas hasil pergulatan kerja keras yang solid, tim inti pemrakarsa: Andy Rahman, Gayuh Budi Utomo, dan Anas Hidayat berhasil menyusun “Buku 15 Cerita Arsitek Muda” dengan konten yang berbeda dari buku karya arsitektur lainnya. Hal ini akhirnya dilakukan seiring dengan perkembangan profesi arsitektur di Indonesia, dokumentasi terhadap karya arsitektur pun harus berkembang! Mengingat selama 10 atau bahkan 20 tahun yang lalu, kita tidak bisa mendapatkan buku-buku arsitektur dengan mudah namun kini kita dapat mencari buku-buku karya arsitektur Indonesia dengan mudah.

Menyusun buku tetap bukan perkara yang mudah, sobat! Umumnya buku yang memuat karya-karya arsitektur, berisi ulasan karya berupa pencejalasan singkat, atau berupa deskripsi bentuk serta teknis arsitektur. Sehingga, penulis Anas Hidayat justru dengan jeli, membuat adanya sisi lain yang jarang diungkapkan pada buku arsitektur umumnya. Yaitu “Buku 15 Cerita Arsitek Muda” ini menceritakan tentang 15 arsitek muda di percaturan arsitektur kontemporer Indonesia. Kemudian, buku ini menuturkan tentang : bagaimana mereka dari awal membangun kesadaran praksis desain dan disertai dengan pembahasan salah satu karya sebagai implementasi riil dari prinsip desain yang mereka yakini. Meskipun buku ini masih tetap membahas setiap karya arsitektur secara mendetail.

Arsitek-arsitek muda ini berasal dari berbagai kota di Indonesia, dengan masalah, kendala, dan potensi yang berbeda-beda. Ada yang mengangkat isu ekologi sampai material, isu fengshui sampai ketukangan, isu religiositas sampai lokalitas. Anas Hidayat juga membahas hal-hal yang melatarbelakangi atau memberi pengaruh besar terhadap arsitek dalam berproses untuk berkarya. Setiap cerita juga diawali dengan konteks yang tidak kalah menarik dan penting, yakni tentang perjalanan karir arsitek yang mendesain setiap karya tersebut.

15 cerita arsitek muda
Sumber : Andy Rahman Studio

Selain tim penyusun tersebut, buku ini juga terwujud atas keterlibatan Studio Imelda Akmal Architectural Writer (IAAW). Sehingga setelah materi siap cetak, Imaji Publishing kemudian memproduksi, mempromosikan, dan mendistribusikan serta memastikan buku tersebut sampai kepada pembaca. Buku ini menjadi sebuah media sharing yang semoga bisa bermanfaat bagi para mahasiswa arsitektur atau arsitek-arsitek junior, serta tidak menutup kemungkinan bagi buku ini untuk dibaca oleh kalangan yang lebih luas.

15 cerita arsitek muda
Sumber : Andy Rahman Studio
15 cerita arsitek muda
Sumber : Andy Rahman Studio

Atas terwujudnya buku ini, kami tim penyusun dalam hal ini Andy Rahman Studio dan pihak publisher ingin mengadakan Launching Buku 15 Cerita Arsitek Muda di beberapa kota di Indonesia. Kota Surabaya menjadi kota pertama yang dipilih, sebab sebagaimana yang tercantum di dalam buku yaitu ada beberapa nama dari 15 arsitek yang dibahas serta tim penyusun berpraktik dan berkarya di Kota Surabaya, sobat Rooang! Sehingga akhirnya disepakati bahwa, acara Launching Buku 15 Cerita Arsitek Muda ini akan digelar di Yello Hotel-Jemursari, Surabaya pada tanggal 14 Desember 2017 dan acara akan dimulai sejak pukul 18.00 WIB.

15 cerita arsitek muda
Sumber : Andy Rahman Studio

Bagi sobat Rooang yang ingin datang, segera hubungi nomer yang tertera di poster ya! Segera yuk, karena tempat terbatas!