diy rak tangga
Sumber: http://www.designsponge.com/

Menyimpan barang-barang di rumah tentu membutuhkan tempat khusus seperti lemari atau rak. Tak harus membeli, rak tersebut bisa dibuat sendiri dengan praktis dan mudah. Terlebih untuk rak yang berbentuk seperti tangga. Pasalnya selain rak tangga tersebut bisa dibuat sendiri dengan panduan DIY rak tangga yang mudah, rak tangga juga bisa dijadikan dekorasi yang menarik untuk ruangan.

Desainnya yang sederhana dan klasik, membuat rak tangga bisa diaplikasikan untuk menyimpan berbagai barang di ruang tengah, di koridor rumah juga untuk menyimpan handuk di dalam kamar mandi dengan rapi dan keren. Seperti apa DIY rak tangga untuk membuatnya sendiri dengan cara praktis dan mudah?

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

DIY Rak Tangga
Sumber: http://www.designsponge.com/
  • 2 buah palet kayu ukuran 47″x 6″ untuk penyangga samping
  • 2 buah palet kayu ukuran 18″x 8″ untuk susunan rak
  • 1 buah palet kayu ukuran 18″x 7″ untuk susunan rak
  • 1 buah palet kayu ukuran 18″x 5″ untuk susunan rak
  • Amplas
  • Alat bor
  • Sekrup kayu
  • Gergaji
  • Kardus
  • Pensil
  • Lem pistol dan tutup sekrup

Langkah 1

diy rak tangga
Sumber: http://www.designsponge.com/

Potong 2 palet kayu yang paling panjang dengan tepi miring untuk membentuk tangga. Sobat Rooang bisa memotongnya dengan ukuran panjang 6 1/2 cm dan lebar 1 1/2 cm pada bagian bawah, sehingga potongannya berbentuk miring. Untuk mempermudah menandai bagian yang akan dipotong, Sobat Rooang bisa menggunakan kertas karton yang sudah dipotong sesuai ukuran. Lakukan hal tersebut secara berlawanan pada ujung kayu yang lain, agar ujung yang tipis berada di sudut yang berlawanan.

Langkah 2:

diy rak tangga mudah
Sumber: http://www.designsponge.com/
diy rak tangga mudah
Sumber: http://www.designsponge.com/

Pada bagian belakang 2 palet kayu yang panjang tersebut, bentuk garis miring menggunakan kardus tadi. Tandai setiap 9″ pada bagian belakang palet kayu hingga mendapatkan empat garis. Pada masing-masing garis tersebut tandai dengan dua titik untuk memudahkan proses pemasangan setiap bagian raknya.

Langkah 3:

membuat rak tangga mudah
Sumber: http://www.designsponge.com/
membuat rak tangga sendiri
Sumber: http://www.designsponge.com/

Buat lubang pada tiap titik tersebut menggunakan alat bor. Garis-garis tersebut untuk menandai letak palet-palet kayu yang lebih kecil, yang nantinya akan dipasang sebagai rak. Sedangkan titik-titik tersebut berfungsi sebagai tanda untuk memasang sekrup untuk menyatukan masing-masing kayu.

Langkah 4:

rak tangga bikin sendiri
Sumber: http://www.designsponge.com/

Pasang palet kayu secara bertingkat, dari yang paling kecil (18″ x 5″) berada di posisi atas hingga palet kayu yang lebih besar (18″ x 8″) berada di bawah. Pasang sesuai posisi garis yang sudah ditandai pada palet kayu panjang, kemudian satukan menggunakan sekrup pada tiap titik yang sudah ditandai. Lakukan pada masing-masing palet kayu hingga keempat palet kayu yang digunakan untuk susunan rak selesai terpasang semuanya.

Taraaa! DIY rak tangga kayu yang dibuat sendiri pun sudah jadi dan siap digunakan. Barang-barang di rumah kini tak lagi berantakan tanpa tempat. Keberadaan rak tangga kayu ini pun akan mempercantik ruangan di dalam hunian Sobat Rooang.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!