desain toilet
Sumber : https://www.iai-jakarta.org/berita/lihat/toilet-talk-series-ruang-diskusi-duta-IAIJakarta2017

Duta IAI Jakarta sendiri memang baru dibentuk di tahun 2017 ini. Duta IAI sendiri memiliki arti yaitu para arsitek dan praktisi yang secara khusus dipilih dan terpilih oleh IAI Jakarta dari acara IAI Award 2017 yang lalu. Dan mengikuti rangkaian acara “Toilet Talk Series” yang sudah digelar sehari sebelumnya, kali ini para duta IAI berkumpul untuk berbicara soal keresahan para arsitek tentang kurangnya ruang komunal atau ruang terbuka di perkotaan. Karena sangat minim kesadaran para warga masyarakat tentang pentingnya sebuah ruang komunal di perkotaan, akhirnya IAI Jakarta beserta para Duta IAI Jakarta 2017 pun gelar acara diskusi bersama yang bertempat di Showroom Lixil – milik vendor American Standard.

duta IAI jakarta
Sumber : https://iai-jakarta.org/berita/lihat/ruang-diskusi-duta-iai-jakarta-01-peran-arsitek-menciptakan-ruang-terbuka-secara-sederhana

Suasana diskusi

Acara dibuka dengan kalimat sambutan singkat dari Stevanus J Manahampi, IAI- Ketua IAI Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa Duta IAI Jakarta yang telah terpilih memiliki peranan juga untuk memberikan edukasi dan pengarahan soal pentingnya keberadaan ruang komunal di perkotaan. Menurut Stevanus, nantinya diskusi soal ruang komunal akan didiskusikan lebih lanjut dengan melibatkan beberapa duta IAI Jakarta yang sudah terpilih. Dan Stevanus sebagai Ketua IAI Jakarta mengingatkan kepada para hadirin yang hadir untuk mengikuti IAI Award 2018 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak Oktober 2017 dan akan segera ditutup di tanggal 18 Januari 2018!

Membahas ruang komunal

duta IAI jakarta
Sumber : https://iai-jakarta.org/berita/lihat/ruang-diskusi-duta-iai-jakarta-01-peran-arsitek-menciptakan-ruang-terbuka-secara-sederhana

Masuk ke dalam topik diskusi soal ruang komunal, para duta IAI ini langsung semangat sekali untuk berbicara pandangan mereka mengenai betapa pentingnya keberadaan sebuah ruang komunal atau ruang terbuka hijau di satu kota. Dipimpin oleh Astrid Haryati sebagai moderator, diskusi soal ruang komunal resmi dibuka!

Sesi pertama yang diberi kesempatan untuk bicara adalah : Ardhi Jaya yang menjadi Duta IAI Jakarta setelah berhasil memenangkan Penghargaan IAI Jakarta 2017 Kategori Bangunan Publik. Menurut Ardhi, sebuah ruang komunal memang sangat penting kehadirannya, dan ruang terbuka itu bisa disebut ‘berhasil’ jika sang desainer bisa memberikan rasa nyaman bagi orang yang menggunakannya. Dan untuk memberikan rasa nyaman tersebut, sang desainer menurut Ardhi, harus menyesuaikan kondisi iklim Indonesia yang tropis. Sebab dengan kondisi tropis seperti ini maka jangan hadapkan ruang terbuka di posisi Barat! Pusatkan bukaan atau lubang angin di arah Utara atau Selatan, karena sinar matahari di kedua arah mata angin tersebut tidak begitu kuat sehingga orang-orang masih akan nyaman berada di ruang komunal meskipun areanya terbuka.

duta IAI jakarta
Sumber : https://iai-jakarta.org/berita/lihat/ruang-diskusi-duta-iai-jakarta-01-peran-arsitek-menciptakan-ruang-terbuka-secara-sederhana

Berikutnya acara diskusi dilanjutkan oleh Duta IAI Jakarta dari Penerima Penghargaan IAI Jakarta 2017 Kategori Apresiasi Pemikiran/Penulisan Arsitektur yaitu : Peter Y. Gandakusuma. Peter menuturkan bahwa dalam membentuk dan mendesain ruang terbuka perlu didukung langsung oleh keterlibatan warga sekitar, sebab di ruang terbuka itulah para warga akan melakukan beragam aktivitasnya sehingga akan sangat baik jika sang desainer berkolaborasi dengan warga. Karena nantinya ruang terbuka yang dibuat berdasarkan keinginan serta kebutuhan pengguna, akan jauh lebih berhasil dan bermanfaat, dibandingkan dengan ruang terbuka yang dibuat atas imajinasi desainer sendiri. Karena ‘Arsitektur’ hadir sebagai tanda bahwa fungsi-fungsi kebutuhan manusia bisa diselesaikan dan di akomodir kebutuhannya. Sebab ‘Arsitektur’ tidak selesai dengan bangunan cantik saja, tetapi  ‘Arsitektur’ juga membahas mereka yang hidup di dalamnya.

Tapi tidak hanya ruang komunal di perkotaan saja yang perlu diperhatikan, Kevin-Himpunan Mahasiswa Arsitektur UI, menyebutkan bahwa tata ruang terbuka di pedesaan seperti di daerah Korowai (Papua) penting juga untuk diakomodasi kebutuhannya, sesuai dengan karakteristik penduduknya. Agar bisa memiliki kontribusi yang sama dengan warga perkotaan.

Kemudian diskusi dilajutkan oleh Wima Simatupang – Penerima Penghargaan IAI Jakarta 2017 Kategori Apresiasi Pemikiran/Penulisan Arsitektur , juga sepakat bahwa sebuah ruang terbuka tidak hanya penting untuk kota saja namun penting juga untuk daerah pedesaan atau pedalaman. Mengingat ruang terbuka bisa menjadi jati diri atau karakteristik tersendiri untuk sebuah daerah, sehingga perlu ada satu area yang didesain sebagai ruang bersama dengan aksen dan menyesuaikan kebutuhan khas dari tiap-tiap masyarakatnya.

Hal yang sama juga diungkap oleh Danny Wicaksono – Penerima Penghargaan IAI Jakarta 2017 Kategori Apresiasi Media & Program, bahwa sebuah ruang komunal bisa diciptakan dan didesain menjadi ikonik sebuah daerah yang sesuai dengan budaya yang ada di masyarakat setempat. Karena penting sekali, sebagai arsitek untuk mengenali bagaimana budaya bangunan di tempat tinggalnya yang bisa berubah dari masa ke masa. Oleh karena pentingnya keberadaan ruang komunal atau ruang terbuka dan masih banyak orang yang tidak paham, menggelar diskusi atau pameran karya bisa digunakan sebagai sebuah solusi untuk mengedukasi para masyarakat.

Kemudian Astrid sebagai moderator menutup acara diskusi, dengan menyatakan bahwa sudah jelas bahwa sebuah ruang komunal itu keberadaannya sangat penting! Karena ruang komunal itu memiliki fungsi ekologis berkaitan hadirnya area hijau, ruang komunal juga punya fungsi penting berkaitan dengan sosial dan budaya. Sehingga hendaknya perancangan sebuah kawasan khususnya di perkotaan, alangkah lebih baik jika para arsitek-arsitek hebat Indonesia juga memikirkan hadirnya ruang terbuka hijau.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!